Pengguna Galaxy S10 Kini Bisa Pilih Lensa untuk Foto Bokeh

Kompas.com - 11/06/2019, 17:03 WIB
Kamera belakang Samsung Galaxy S10 5G, dengan tiga lensa dan satu sensor TOF).Samsung Kamera belakang Samsung Galaxy S10 5G, dengan tiga lensa dan satu sensor TOF).

 

KOMPAS.com - Kabar gembira datang untuk pengguna Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10+, terutama bagi mereka yang mengutamakan fitur kamera untuk menjepret foto bokeh. 

Dengan update terbaru, kini pengguna bisa memilih lensa yang akan digunakan ketika mereka ingin menjepret foto mode portrait, atau yang biasa disebut Samsung dengan "Live Focus".

Pemilihan lensa di mode "Live Focus" sendiri akan tampak sebagai "toggle" di aplikasi kamera. Toggle ini terletak di bawah tampilan aplikasi kamera, tepat di atas tombol "shutter" dan teks menu "Live Focus", sebagaimana tampak pada gambar berikut.

Ilustrasi toggle penggantian lensa di aplikasi kamera Galaxy S10 saat menggunakan mode Live Focus.PhoneArena Ilustrasi toggle penggantian lensa di aplikasi kamera Galaxy S10 saat menggunakan mode Live Focus.

Sebelumnya, pengguna tidak akan menemukan toggle ini dan terpaksa harus menggunakan lensa wide-angle untuk menjepret foto portrait. 

Baca juga: Adu Pemakaian Harian Huawei P30 Pro Vs Galaxy S10+, Mana Lebih Kencang?

Kendati begitu, pihak Samsung tidak menyertakan informasi pembaruan ini di dalam daftar perubahan atau change log, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PhoneArena, Selasa (11/6/2019).

Dengan kata lain, Samsung mungkin menyisipkan pembaruan ini secara diam-diam dan tidak diketahui apakah fitur pemilihan lensa untuk mode "Live Focus" ini ada di "update" yang paling baru atau justru "update" yang sebelumnya. 

Meski begitu, jika opsi pemilihan lensa ini hadir di pembaruan teranyar, maka para pengguna Galaxy S10 dan S10+ bisa menikmatinya dengan memperbarui firmware ponsel mereka.

Bagi pengguna yang belum mendapatkan pembaruan tersebut, mungkin mereka harus bersabar sedikit. Sebab, biasanya pembaruan digelontorkan secara bertahap kepada para pengguna.

Mode "Live Focus" pakai lensa wide-angle

Sebagai informasi, sebelum pembaruan ini hadir, pengguna tak bisa memilih lensa yang digunakan untuk menjepret foto bokeh di perangkat teranyar Samsung ini.

Secara default, seperti yang sudah disebutkan di atas, perangkat Galaxy S10 dan S10+ menggunakan lensa wide-angle yang dinilai kurang mumpuni untuk menerapkan efek bokeh.

Ini kemudian menjadi masalah bagi pengguna yang kerap menggunakan ponsel Samsung. Sebab, sejak era Galaxy Note 8, biasanya mode "Live Focus" memanfaatkan lensa telefoto untuk membantu menerapkan efek bokeh pada foto.

Baca juga: Cara Mudah Menerapkan Efek Bokeh di Ponsel Berkamera Tunggal

Walhasil, dengan menggunakan lensa wide-angle, hasil foto portrait pun tampak kurang optimal, meski diambil menggunakan Galaxy S10 atau Galaxy S10+.

Sebagai acuan, perbedaan kualitas gambar portrait yang diambil dengan lensa wide-angle Galaxy S10+ (kiri) dan lensa telefoto Galaxy Note 9 (kanan) bisa dilihat di ilustrasi berikut.

 

Ilustrasi foto bokeh menggunakan lensa yang berbeda di perangkat SamsungPhoneArena Ilustrasi foto bokeh menggunakan lensa yang berbeda di perangkat Samsung

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X