Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gmail Bakal Disuntik AMP Mulai 2 Juli

Kompas.com - 13/06/2019, 07:12 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Google berencana melakukan perombakan kecil untuk Gmail. Perubahan ini akan bertumpu pada sistem AMP atau accelerated mobile pages, yang memungkinkan pengguna bisa membuka laman lebih cepat via ponsel.

AMP adalah protokol khusus buatan Google yang memang ditujukan untuk mempercepat muatan laman web. Dengan AMP ini, Google akan menambahkan beberapa fitur yang bisa digunakan tanpa harus keluar dari sesi pesan masuk.

Misalnya saja fitur untuk mengisi formulir, undangan RSVP sebuah acara, merespon dan menyunting Google Docs serta mencari gambar.

Fitur-fitur tersebut akan hadir lebih awal di Gmail versi web dan rencananya akan menyusul untuk versi mobile-nya.

AMP juga sudah dipasangkan untuk beberapa mitra Google seperti Booking.com, Despegar, Doodle, Ecwid, Freshworks, Nexxt, OYO Rooms, Pinterest, dan redBus. Daftar mitra kemungkinan akan semakin panjang setelah perubahan ini dirilis.

Baca juga: Ulang Tahun ke-15, Gmail Dapat Hadiah Fitur Baru

Namun dilansir KompasTekno dari Engadget, Kamis (13/6/2019), Google tetap akan berhati-hati dengan memeriksa privasi dan keamanan layanan mitranya.  Perubahan Gmail ini baru akan dirilis pada 2 Juli mendatang. 

Jika sudah dirilis, perubahan pada Gmail ini akan mendukung pengoperasian Gmail yang lebih dinamis dan hemat waktu. Terlebih bagi pengguna dengan mobilitas e-mail yang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com