Pengguna Indosat Habiskan 8.000 Terabyte per Hari

Kompas.com - 13/06/2019, 10:03 WIB
Logo Indosat OoredooIndosat Logo Indosat Ooredoo

KOMPAS.com - Operator seluler Indosat Ooredoo mencatat adanya peningkatan trafik data selama periode mudik dan lebaran. Indosat mengklaim peningkatan trafik data tertinggi mencapai 40,88 persen lebih besar dibandingkan hari biasa.

Menurut pihak Indosat, puncak kenaikan tertinggi terjadi pada hari ketiga menjelang Idulfitri (H-3). Pada momen ini, pengguna Indosat tercatat menghabiskan sebanyak 8.997 Terabyte data dalam satu hari.

Besarnya penggunaan data tersebut dipicu oleh tingginya penggunaan aplikasi media sosial dan gaming. Menurut catatan pihak Indosat, penggunaan data tertinggi terjadi di wilayah Jawa Tengah.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (13/6/2019), tingginya trafik data ini berbanding terbalik dengan trafik voice call.

Selama masa Lebaran, jumlah panggilan telepon yang dilakukan pengguna Indosat menurun sebesar 13 persen, namun jumlah SMS mengalami peningkatan sekitar 5 persen selama H-7 hingga H+5 Lebaran.

Selama periode Ramadan hingga Lebaran tahun ini, Indosat sendiri sebelumnya telah memprediksi adanya kenaikan lalu-lintas data sebesar 15 persen hingga 20 persen.

Indosat juga mengatakan sebelumnya telah mengantisipasi kenaikan tersebut dengan meningkatkan kapasitas data (bandwidth) hingga 18,4 Terabyte per hari, kapasitas layanan suara hingga 37 juta (satuan suara) erlang per hari dan kapasitas layanan SMS hingga 975 juta SMS per hari.

Baca juga: Indosat Akan Tambah 18.000 BTS 4G di 2019

Khusus untuk layanan SMS, Indosat juga mencatat, tingkat keberhasilan SMS pada periode mudik Lebaran 2019 ini mencapai angka 91 persen.

Menurut pihak Indosat, angka ini menyimpulkan bahwa tidak ada masalah yang signifikan dalam pengiriman SMS selama periode mudik Lebaran tahun ini.

Selain meningkatkan kapasitas jaringan, kondisi jaringan telekomunikasi juga akan dipantau selama Ramadhan dan Mudik Lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC).

Pusat pelayanan i-NOC dan i-SOC sendiri akan bertugas sebagai pusat monitoring seluruh jaringan dan layanan secara nasional. Pemantauan jaringan secara lebih intensif juga dilakukan melalui Command Center yang akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran.




Close Ads X