Oppo Siapkan Ponsel Lipat dengan Kamera "Pop-up"

Kompas.com - 13/06/2019, 16:43 WIB
Ilustrasi ponsel lipat Oppo dengan kamera pop-up LetsGoDigitalIlustrasi ponsel lipat Oppo dengan kamera pop-up
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Oppo diketahui telah mematenkan sejumlah desain terkait ponsel lipat bikinannya. Kali ini, ada desain ponsel lipat teranyar yang kembali dipatenkan vendor asal China tersebut.

Hal ini terendus dari sebuah paten yang diajukan Oppo pada Organisasi Hak Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO). Paten ini sendiri dikirim ke kantor WIPO pada bulan Oktober 2018 dan baru dirilis oleh kantor paten dunia pada tanggal 7 Juni kemarin.

Dalam pengajuan paten tersebut, Oppo mencantumkan beberapa kerangka ponsel lipat terbaru bikinannya yang dilengkapi kamera dengan mekanisme "pop-up".

Kerangka tersebut pun diilustrasikan ulang oleh pembuat render ulung, LetsGoDigital. Begini penampakannya. 

Ilustrasi ponsel lipat Oppo dengan kamera pop-upLetsGoDigital Ilustrasi ponsel lipat Oppo dengan kamera pop-up

Sebagaimana bisa dilihat pada gambar di atas dan juga pada dokumen paten WIPO, yang membedakan ponsel lipat Oppo dengan ponsel lipat lain, seperti Samsung Galaxy Fold atau Huawei Mate X, adalah hadirnya modul kamera yang bisa "naik-turun".

Dengan mekanisme ini, Oppo agaknya bisa membuat layar ponsel lipat miliknya full-screen, tanpa adanya gangguan seperti poni kamera selfie pada Samsung Galaxy Fold.

Mekanisme lipatan sendiri tampak lebih identik dengan Huawei Mate X ketimbang Samsung Galaxy Fold. Perbedaannya terletak pada mekanisme lipat dan engsel fleksibel yang serupa dengan Huawei Mate X.

Baca juga: Membandingkan Ponsel Lipat Galaxy Fold dan Huawei Mate X

Layar lebar Galaxy Fold jika dilipat akan menutup, sehingga kesannya terlindungi. Sementara itu, layar di ponsel Oppo dan Huawei Mate X justru menjadi bagian luar lipatan, di mana kedua layar saling memunggungi ketika dilipat.

Ilustrasi ponsel lipat Oppo dengan kamera pop-upLetsGoDigital Ilustrasi ponsel lipat Oppo dengan kamera pop-up

Selain kamera dan mekanisme lipatan, ponsel lipat Oppo juga tampak masih mempertahankan 3,5 mm jack audio, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Kamis (13/6/2019).

Kendati demikian, karena masih berupa paten, belum jelas kapan ponsel lipat Oppo ini bakal benar-benar diwujudkan dalam bentuk produk jadi yang siap dipasarkan.

Terlebih, PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, sempat mengonfirmasi bahwa Oppo membatalkan rencana untuk memproduksi ponsel lipat bikinannya.

"Sudah (ada rencana produksi) tapi di-cancel. Karena kami tidak memenuhi demand-nya," jelas Aryo, pada Maret lalu di Jakarta.

Baca juga: Sempat Dipamerkan, Ponsel Lipat Oppo Malah Batal Dibuat

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X