Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghemat Pemakaian Data Internet untuk Menonton Netflix

Kompas.com - 17/06/2019, 08:09 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Netflix merupakan platform streaming video on-demand (VoD) yang populer. Penggunanya bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton streaming film atau serial TV.

Hal ini tak menjadi masalah apabila streaming dilakukan via jaringan Wi-Fi atau LAN yang tidak membatasi pemakaian data internet. Beda halnya apabila streaming dengan koneksi seluler di smartphone atau tablet yang kuota datanya terbatas.

Jumlah data internet yang disedot oleh Netflix bisa mencapai 7 GB per jam untuk video dengan resolusi 4K. Tentu, konsumsi data ini tergantung kualitas (resolusi) video streaming yang ditonton. Semakin tinggi kualitasnya, ukurannya semakin besar pula.

Untungnya, Netflix menyediakan cara untuk menyetel kualitas alias resolusi video secara manual, alih-alih otomatis berdasarkan kecepatan internet.

Baca juga: Netflix Uji Coba Paket Langganan Murah Khusus Smartphone

Dengan menyetel kualitas, pengguna bisa membatasi berapa banyak data internet yang dikonsumsi saat menonton video di Netflix. Ada dua cara untuk melakukan hal ini. Selengkapnya silakan simak di bawah.

Cara memilih kualitas video di Netflix

Metode pertama adalah memilih resolusi video per profil pengguna. Caranya, masuk ke menu "Settings" di aplikasi Netflix lewat tombol tiga garis horizontal di pojok kanan bawah atau kiri atas tampilan aplikasi.

Setelah itu, pilih menu "Account". Beberapa saat kemudian, pengguna akan diantarkan ke halaman profil akun Netflix yang akan dibuka di peramban ponsel.

Pengguna juga bisa mengunjungi halaman pengaturan profil akun Netflix di https://www.netflix.com/ melalui peramban desktop.

Baca juga: Netflix Disebut Belanja Konten Baru Rp 213 Triliun

Di halaman pengaturan akun profil, pilih menu "Playback settings" yang berada di tab "My Profile". Kemudian, pilih kualitas video yang diinginkan.

Ilustrasi cara mengganti kualitas video NetflixKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi cara mengganti kualitas video Netflix

Pilihan "Low" akan menghasilkan kualitas streaming video yang rendah, tapi konsumsi datanya hanya sekitar 0,3 GB (300 MB) per jam. "Medium" berarti kualitas standar (SD) dengan konsumsi sekitar 0,7 GB (700 MB) per jam.

Lalu, opsi "High" akan menampilkan video kualitas tertinggi dengan konsumsi data hingga 3 GB per jam untuk video resolusi Full-HD dan 7 GB per jam untuk video Ultra HD (4K).

Setelah memilih kualitas video, klik tombol "Save" untuk menyimpan pilihan.

Perlu dicatat, setelah mengklik tombol "Save", perubahan kualitas video ini baru akan diterapkan oleh Netflix setelah 8 jam.

Cara kedua, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digital Trends, Senin (17/6/2019), adalah melalui pengaturan data seluler di aplikasi Netlfix. Bukalah menu "Settings" melalui tombol tiga garis horizontal tadi, lalu pilih "App Settings" dan "Cellular Data Usage".

Baca juga: Cara Batasi Akses Konten di Netflix dengan PIN

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com