Huawei Kirim 1 Juta Ponsel dengan OS Hongmeng Pengganti Android

Kompas.com - 17/06/2019, 14:31 WIB
Ilustrasi ponsel Huawei. IstimewaIlustrasi ponsel Huawei.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Huawei dikabarkan telah mengirim 1 juta ponsel yang dilengkapi dengan sistem operasi buatannya sendiri, Hongmeng. OS itu dibuat Huawei setelah dilarang memasang OS Android di ponsel berikutnya, akibat perang dagang China-AS.

Menurut firma Rosenblatt Securities, sebanyak 1 juta ponsel Huawei ber-OS Hongmeng itu bukan untuk dijual, melainkan dikirim ke rekanan vendor lain untuk diuji.

Belum bisa dipastikan juga apakah ponsel-ponsel ber-OS Hongmeng itu memang sudah dijual di pasar, atau masih berupa ponsel yang masih dalam tahap pengembangan.

Baca juga: Xiaomi, Oppo, Vivo Sudah Jajal OS Pengganti Android Buatan Huawei

Menurut laporan tersebut, seperti dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (17/6/2019), sistem operasi Hongmeng diklaim sudah kompatibel dengan semua aplikasi Android, dan memiliki fitur keamanan dan perlindungan data yang ditingkatkan.

CEO Huawei Richard Yu sendiri melalui surat kabar China Daily mengatakan bahwa OS Hongmeng akan tersedia pada akhir tahun ini, atau paling lambat awal tahun depan.

Sebelumnya, sejumlah vendor ponsel China seperti, Oppo, Vivo, dan Xiaomi juga dikabarkan telah mengirim ahli-ahli internal mereka untuk merasakan langsung sistem operasi pengganti Android buatan Huawei itu.

Baca juga: OS Pengganti Android Buatan Huawei Dikabarkan Rilis Oktober

Hasilnya, sistem operasi HongMeng diklaim bisa mendongkrak performa ponsel 60 persen lebih cepat dibandingkan jika menggunakan OS Android.

Dalam pengembangan sistem operasi ini Huawei tak bekerja sendirian. Selain bekerja dengan Xiaomi, Oppo dan Vivo, Huawei juga menggandeng Tencent untuk turut meningkatkan kinerja OS Hongmeng.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GSM Arena
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X