Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepi Masukan, Xiaomi Tutup Program MIUI Beta

Kompas.com - 18/06/2019, 13:17 WIB
Reska K. Nistanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Custom Android skin untuk perangkat Xiaomi selama ini memiliki dua versi, yakni MIUI versi stabil yang merupakan rilis final untuk publik, dan MIUI versi Beta yang masih dalam tahap uji coba dan bisa dijajal oleh developer aplikasi.

MIUI Beta berisi fitur-fitur baru yang akan diterapkan di MIUI stabil versi mendatang. Tapi ada juga banyak bug karena pengembangan yang belum sempurna. Harapannya, dengan menjajal MIUI Beta, developer akan melaporkan bug ke Xiaomi supaya bisa diperbaiki di versi final.

Baca juga: 11 Ponsel Xiaomi yang Pertama Kebagian Android Q

Namun, rupanya bukan itu yang terjadi. Program MIUI Beta diikuti oleh banyak peserta, namun hanya sebagian kecil yang melaporkan bug. Lantaran sepi masukan, Xiaomi pun belakangan memutuskan untuk meyetop program MIUI Beta.

"Semakin banyak model Mi Phone di pasaran, semakin banyak pengguna memakai MIUI Beta lewat beragam kanal," tulis pihak Xiaomi di forum Mi Community.

"Namun, MIUI Beta dibuat untuk uji publik dan meminta pengguna memiliki toleransi tinggi jika ada bug atau kesalahan... Tim engineer kami memutuskan menyetop versi global MIUI Beta untuk semua perangkat mulai 1 Juli 2019," lanjut Xiaomi.

Baca juga: Bos Xiaomi Janji Hapus Iklan di MIUI

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Selasa (18/6/2019), Sejumlah fans Xiaomi yang biasa memakai MIUI beta kecewa dengan keputusan Xiaomi dan berbondong-bondong mengungkapkan perasaannya di forum Xiaomi.

Mereka menganggap bahwa versi beta MIUI justru biasanya lebih stabil dibanding MIUI Stable, sementara yang lain mengatakan bahwa laporan bug mereka justru tidak pernah didengar oleh Xiaomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com