Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Instagram Bantu Pengguna Pulihkan Akun yang Diretas

Kompas.com - 19/06/2019, 14:32 WIB
Yudha Pratomo,
Fatimah Kartini Bohang

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram memperkenalkan fitur baru untuk membantu pengguna memulihkan akun mereka yang dicuri peretas. Fitur ini hanya muncul ketika terjadi dua skenario.

Pertama, pengguna berulang kali memasukkan password yang salah dengan asumsi telah diubah oleh peretas. Kedua, pengguna memilih menu "masalah login?" pada halaman "lupa kata sandi?".

Lantas, bagaimana langkah pemulihannya? Instagram bakal mengirimkan kode berupa 6 angka ke pengguna yang susah login karena akunnya diretas. Pengiriman dilakukan via kontak pribadi yang sebelumnya telah disimpan, baik email atau nomor telepon.

Selanjutnya, pengguna cukup memasukkan nomor kode keamanan yang diterima dan memverifikasi kembali email atau nomor telepon yang terhubung dengan akun tersebut.

Baca juga: Nomor Telepon Pengguna Terpajang di Situs Instagram Berbulan-bulan

 

Fitur keamanan terbaru instagramInstagram Fitur keamanan terbaru instagram


"Melalui uji coba fitur baur ini, pengguna dapat memulihkan akun mereka meskipun informasi akunnya, seperti nama akun atau kontak informasi yang terasosiasi dengan akun milik pengguna, telah diubah oleh peretas," kata pihak Instagram, sebagaimana tertera pada keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (19/6/2019),

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Data Instagram Android

Instagram pun menyatakan bakal terus meningkatkan fitur keamanan ini dalam beberapa bulan ke depan. Fitur ini sedang diuji coba dan mulai tersedia untuk perangkat Android. Perangkat iOS dikatakan bakal turut menerima fitur ini secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com