Ada Celah Keamanan, Pengguna Firefox Diminta Segera "Update"

Kompas.com - 20/06/2019, 06:56 WIB
ilustrasi Nikolaus Wogen/sxc.huilustrasi

KOMPAS.com - Mozilla meminta pengguna Firefox untuk segera memperbarui peramban tersebut ke versi 67.0.3. Pasalnya, Firefox 67.0 yang baru dirilis bulan Mei lalu memiliki bug dan lubang keamanan yang bisa menjadi jalan masuk bagi peretas.

Menurut laporan Mozilla Security, para peretas bisa memanfaatkan bug untuk mengambil alih PC pengguna yang dijalankan dengan Firefox versi 67.0.

Baca juga: Mozilla Perkenalkan Logo Baru Firefox

Para hacker dalam hal ini dapat menggunakan kode Javascript yang telah dimanipulasi untuk memancing pengguna mampir ke situsnya yang sudah dipasangi berbagai "jebakan" untuk menginfeksi perangkat dengan malware.

"Sebuah masalah kerentanan bisa terjadi ketika memanipulasi obyek Javascript, karena adanya masalah di Array.pop. Hal ini bisa menimbulkan serangan eksploitasi," jelas Mozilla, dikutip KompasTekno dari UberGizmo, Kamis (20/6/2019).

Pengguna peramban Firefox 67.0 dan Firefox ESR 60.7.1 bisa melakukan pembaruan secara manual sekarang dengan mengklik ikon bergambar garis horizontal yang ada di pojok kanan atas jendela browser.

Baca juga: Mozilla Siapkan Fenix, Browser Android Pengganti Firefox

Kemudian, pilih opsi "help" dair menu yang muncul, lalu "About Firefox". Nantinya akan muncul textbox bertuliskan versi Firefox yang saat ini sedang digunakan. Pada kotak tersebut, klik "Restart to update Firefox" untuk memulai pembaruan.

Bisa juga langsung menuju tautan berikut dengan membukanya di peramban Firefox. Biasanya, pembaruan akan berjalan di latar belakang (background) secara otomatis saat online. Setelah peramban di-restart, pengguna akan mendapatkan Firefox versi terbaru.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Uber Gizmo
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X