INFOGRAFIK: Sejumlah Ponsel dengan Fitur Kamera Flip dan Pop-Up

Kompas.com - 20/06/2019, 20:02 WIB
Fitur Kamera Flip dan Pop-up KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoFitur Kamera Flip dan Pop-up

KOMPAS.com - Saat ini sejumlah pabrikan atau jenama berusaha menghadirkan smartphone dengan layar seutuh mungkin di bagian muka. Kehadiran bezel terkesan mengurangi keindahan wajah smartphone.

Meski telah mengurangi bagian bezel, fitur kamera depan menjadi masalah baru. Sebab, keutuhan layar sulit didapatkan jika membutuhkan kamera depan.

Karena itu, desain wajah smartphone dengan notch atau poni kemudian diperkenalkan. Tetap saja desain ini kurang disukai karena pengguna berharap adanya layar yang benar-benar utuh.

Salah satu solusi yang dihadirkan adalah dengan menghadirkan kamera depan yang dimunculkan dengan cara flip dan pop-up.

Kamera flip awalnya diperkenalkan oleh Oppo dalam tipe N10. Namun, konsep desain yang dibuat oleh sejumlah pabrikan saat ini jelas jauh berbeda. Ini dilakukan untuk mendapatkan layar yang benar-benar utuh.

Samsung misalnya, yang merilis Galaxy A80 yang menghadirkan fitur kamera depan yang memadukan metode flip dan pop-up. Kamera belakang (utama) dapat menjadi kamera depan dengan cara memutarnya, namun muncul dari bagian belakang yang ditimbulkan ke atas.

Asus juga membuat kejutan saat merilis Zenfone 6 dengan kamera depan yang muncul dengan metode flip. Pada Zenfone 6, kamera di bagian belakang dapat diputar ke depan dengan derajat kemiringan yang dapat diatur.

Selain itu, Oppo dan Vivo juga merilis sejumlah produk dengan kamera depan yang muncul dengan metode pop-up. 

Lalu apa saja smartphone yang punya fitur kamera depan flip dan pop-up? Berikut infografik sejumlah produk tersebut, yang sudah masuk atau akan beredar di pasar Indonesia:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Fitur Kamera Flip dan Pop-up

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X