Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Bakal Sembunyikan Komentar di Video?

Kompas.com - 21/06/2019, 13:08 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Penonton video sering memberikan masukan berharga lewat kolom komentar di YouTube. Namun tak jarang pula kolom itu jadi wadah ujaran kebencian, caci maki, dan hal negatif lain.

Mungkin karena itulah YouTube baru-baru ini bereksperimen menyembunyikan kolom komentar video secara default dari pandangan pengguna.

Komentar-komentar video akan tetap ada dan bisa dibaca, tapi untuk melihatnya pengguna harus menekan satu tombol berlabel "Comments" terlebih dahulu.

Baca juga: YouTube Siapkan Cara untuk Menangkal Serangan "Dislike"

Keberadaan tombol "Comments" ini diketahui dari tangkapan layar (screenshot) yang beredar di ranah may. Letaknya di antara tombol "Dislike" dan tombol "Share", menggeser tombol "Save To".

Ilustrasi fitur tombol Comment di YouTubeXDADevelopers Ilustrasi fitur tombol Comment di YouTube

Komentar di video YouTube selama ini bisa langsung dilihat dengan menggulirkan layar hingga melewati daftar video rekomendasi.

Selain tombol khusus yang persis di bawah video, alternatif lain yang tengah dicoba untuk meyembunyikan komentar adalah tab "Looking for comments? yang muncul setelah daftar video rekomendasi di urutan paling bawah.

Baca juga: YouTube Uji Coba Fitur "Tag" untuk Rekomendasi Video

Mekanisme menyembunyikan komentar tengah diuji coba di YouTube kawasan India, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (21/6/2019). Keberadaan eksperiman tersebut sudah dibenarkan oleh pihak YouTube lewat sebuah pernyataan.

Dengan demikian, ada kemungkinan YouTube nanti memang akan menyembunyikan komentar secara default dari mata penonton. Namun, kepastian soal hal ini belum bisa diberikan.

"Ini (menyembunyikan komentar) adalah salah satu dari serangkaian uji coba yang selalu kami lakukan di YouTube. Kami akan pertimbangkan untuk menggulirkan secara lebih meluas berdasarkan feedback yang didapat," ujar YouTube.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com