Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/06/2019, 11:29 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Samsung mulai menerapkan kamera dual aperture dengan bukaan yang bisa dipilih antara f/1.5 atau f/2.4 di Galaxy S9 yang meluncur pada 2018 lalu.

Bukaan f/1.5 digunakan dalam kondisi low light untuk memasukkan cahaya sebanyak mungkin ke sensor kamera, semnetara bukaan f/2.4 yang lebih kecil dipakai saat kondisi terang untuk memaksimalkan ketajaman dan ruang tajam (depth of field).

Kini, muncul kabar bahwa Samsung bakal menyematkan kamera utama dengan teknologi lanjutan dari dual aperture, yaitu triple aperture, pada Galaxy Note 10 mendatang.

Baca juga: Rumor Galaxy Note 10 Ada Empat Varian Kian Menguat

Hal ini terlontar dari seorang pembocor ulung, Ice Universe, yang sering memprediksi produk-produk yang akan diluncurkan Samsung beserta fitur-fiturnya.

Ia berspekulasi di jejaring sosial Twitter bahwa Galaxy Note 10 bakal dibekali dengan kamera utama yang memiliki tiga setting aperture atau bukaan lensa, takni f/1.5, f/1.8, dan f/2.4.

Kendati begitu, belum diketahui berapa megapiksel resolusi kamera utama Galaxy Note 10 dan bagaimana mekanisme pergantian aperture ini akan berjalan di ponsel tersebut.

Namun, jika berkaca pada seri Galaxy S9, kamera bisa menyesuaikan bukaan lensa secara otomatis berdasarkan kondisi cahaya di sekitar objek yang akan dibidik.

Bukaan lensa juga bisa dipilih secara manual melalui mode "Pro" di aplikasi kamera Galaxy S9.

Selain teknologi kamera triple aperture, Ice Universe juga mengatakan bahwa Galaxy Note 10 bakal mengusung teknologi Sound on Display (SoD).

Baca juga: Galaxy Note 10 Rilis 7 Agustus di New York?

Dengan teknologi tersebut, sang perangkat tak membutuhkan lubang speaker lantaran suara dihasilkan dari getaran di bawah permukaan layar.

Jika prediksi Ice Universe benar, maka teknologi triple aperture serta SoD bakal muncul untuk kali pertama di ponsel Samsung.

Galaxy Note 10 sendiri kabarnya bakal dirilis pada tanggal 7 Agustus mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Sabtu (22/6/2019).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5Google


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com