Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan Status WhatsApp Teman Tanpa "Screenshot" atau Aplikasi Lain

Kompas.com - 23/06/2019, 15:39 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan populer milik Facebook yang ramai digunakan oleh pengguna ponsel.

Di aplikasi tersebut terdapat fitur yang bernama "Status". Fitur ini memungkinkan penggunanya memajang foto, video pendek, dan GIF, sebagai status mereka, mirip Instagram Stories.

Status WhatsApp sendiri, seperti Instagram Stories, bakal hilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam. Pengguna biasanya memanfaatkan fitur "screenshot" di ponsel untuk menyimpan status-status para kontak WhatsApp mereka agar tidak hilang.

Baca juga: Begini Cara Bikin Status Foto dan Video di WhatsApp

Aplikasi-aplikasi pihak ketiga, seperti "Status Saver" juga bisa dipakai untuk keperluan ini.

Nah, sebenarnya ada cara lain untuk menyimpan status-status WhatsApp tanpa melakukan screenshot ataupun menggunakan aplikasi lain. Simak langkah-langkahnya di bawah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizbot, Minggu (23/6/2019).

1. Pertama-tama, buka aplikasi file manager di ponsel Anda.

Perlu dicatat, aplikasi file manager ini namanya mungkin berbeda-beda di beberapa merek ponsel.

Di ponsel merek Samsung, misalnya, aplikasi file manager diberi nama "My Files", sementara di ponsel merek Xiaomi aplikasi file manager bernama "File Manager".

Meski aplikasinya berbeda, langkah-langkah atau cara untuk menyimpan status WhatsApp ini bisa dibilang memang mirip antara satu aplikasi file manager dengan aplikasi serupa lainnya. 

Di artikel ini, KompasTekno menggunakan aplikasi "My Files" lantaran ponsel yang digunakan bermerek Samsung.

2. Setelah membuka aplikasi file manager, langsung pergi ke menu pengaturan aplikasi tersebut. Di aplikasi "My Files", pengguna bisa mengakses menu pengaturan dengan meng-klik ikon "tiga titik" di kanan atas aplikasi kemudian pilih menu "Settings".

Ilustrasi langkah untuk mengunduh status WhatsApp 1KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi langkah untuk mengunduh status WhatsApp 1

3. Di halaman pengaturan, aktifkan opsi "Show hidden files". Dengan mengaktifkan opsi ini, seperti namanya, aplikasi "My Files" akan dapat menampilkan beberapa folder dan file yang tersembunyi di media penyimpanan internal.

Baca juga: Begini Tampilan Iklan yang Akan Muncul di WhatsApp Tahun Depan

4. Setelah mengaktifkan opsi "Show hidden files", kembali ke tampilan awal aplikasi file manager. Di sini, pilih menu "Internal Storage" yang berada di kolom "Phone".

5. Lalu, setelah meng-klik "Internal Storage", pengguna akan disodori tampilan daftar folder dan file yang ada di media penyimpanan internal. Gulir layar hingga ke bawah dan pilih folder "WhatsApp".

Ilustrasi langkah mengunduh status WhatsApp 2KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi langkah mengunduh status WhatsApp 2

6. Di folder "WhatsApp", pilih folder bernama "Media" kemudian pilih folder ".Statuses'. Nah, di folder inilah pengguna akan menemukan gambar atau video yang sumbernya dari status-status di aplikasi WhatsApp. 

Perlu diingat, untuk memunculkan status (video atau foto) di folder ini, Anda sudah harus melihat status itu di aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

Baca juga: Begini Cara Membungkan Celotehan Anggota Grup WhatsApp

Setelah status dilihat, foto atau video yang berada di status WhatsApp tadi akan secara otomatis muncul di folder ".Statuses". 

Dengan kata lain, status-status WhatsApp yang belum dilihat tidak akan muncul di folder ini.

7. Setelah berada di dalam folder ".Statuses", pilih Status (foto atau video) yang ingin disimpan, lalu salin atau pindahkan file tersebut ke folder lain yang mudah diakses.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechRadar


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com