Ada Libra, Nilai 1 Keping Bitcoin Tembus 10.000 Dollar AS

Kompas.com - 24/06/2019, 11:15 WIB
Teknologi blockchain adalah solusi keamanan dan privasi, khususnya untuk keuangan berbasis internet yang dapat memproses perdagangan bernilai triliunan.  ShutterstockTeknologi blockchain adalah solusi keamanan dan privasi, khususnya untuk keuangan berbasis internet yang dapat memproses perdagangan bernilai triliunan.

KOMPAS.com - Kabar peluncuran mata uang kripto milik Facebook, yaitu Libra, membawa "angin segar" bagi mata uang kripto lain, salah satunya adalah Bitcoin.

Pasalnya, nilai kurs Bitcoin dilaporkan meningkat tajam pasca Libra diumumkan oleh Facebook beberapa hari lalu.

Pada Sabtu (22/6/2019) lalu, harga 1 Bitcoin meroket hingga lebih 10.000 dollar AS, meningkat tajam dari angka 7.600 dollar AS per 1 Bitcoinnya, pada 9 Juni silam.

Bahkan kurs mata uang kripto tersebut sempat menembus angka 11.000 dollar AS per 1 Bitcoinnya pada hari yang sama.

Peningkatan kurs Bitcoin ke angka 10.000 dollar AS ini menarik, lantaran mata uang kripto tersebut memang belum menginjak angka tersebut semenjak masa-masa kejayaannya di bulan Maret 2018 lalu.

Baca juga: Sama-sama Uang Virtual, Apa Bedanya Libra Dengan Bitcoin?

Saat ini, pantauan KompasTekno di situs CoinDesk, kurs Bitcoin sendiri tercatat di angka 10.634 dollar AS per 1 Bitcoin. 

Ilustrasi harga Bitcoin yang meningkat drastisKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi harga Bitcoin yang meningkat drastis

Lantas, mengapa meroketnya harga Bitcoin dikaitkan dengan perkenalan mata uang kripto Libra?

Untuk diketahui, harga Bitcoin sendiri memang mudah naik-turun berdasarkan orang yang berkecimpung atau berinvestasi di ranah Bitcoin.

Meski Libra dan Bitcoin memang tidak berkaitan satu sama lain, namun kedua mata uang kripto itu sama-sama mengandalkan teknologi blockchain untuk alur transaksi di ranah maya.

Baca juga: Logo Uang Digital Facebook Hasil Menjiplak?

Ada kemungkinan peluncuran Libra, yang notabene diumumkan oleh perusahaan teknologi besar dan dikenal orang banyak, "membuka mata" orang-orang awam akan kriptokurensi dan teknologi yang membelakanginya.

Sehingga, beberapa orang yang baru mengenal mata uang kripto ini jadi termotivasi untuk "bermain", atau sekadar mencari informasi tentang dunia kriptokurensi, seperti Bitcoin. 

Selain Bitcoin, mata uang kripto lain juga terpantau mengalami tren peningkatan, seperti Ethereum, Bitcoin Cash, hingga Binance Coin. Peningkatannya bervariasi, dari 5 persen hingga 8 persen, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CryptoSlate, Senin (24/6/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X