Facebook Sediakan Ruang “Lab Inovasi” untuk Developer di Indonesia

Kompas.com - 24/06/2019, 17:52 WIB
Dari kiri ke kanan: Ruben Hattari, Public Policy Lead, Facebook Indonesia,  Luri Darmawan, Lead of Developer Circle Jakarta, Siti Rodiah, Wakil Ketua Gerkatin Kepemudaan, Trimikha Valentius, Program Manager, Facebook Indonesia, dan Virginia Yang, Director, Developer Partnerships and Programs, Facebook APAC, dalam peresmian Lab Innovation Indonesia (LInov) di CoHive, Lantai 3, Plaza Asia - Sudirman, Jakarta (24/6/2019). KOMPAS.com/ BILL CLINTENDari kiri ke kanan: Ruben Hattari, Public Policy Lead, Facebook Indonesia, Luri Darmawan, Lead of Developer Circle Jakarta, Siti Rodiah, Wakil Ketua Gerkatin Kepemudaan, Trimikha Valentius, Program Manager, Facebook Indonesia, dan Virginia Yang, Director, Developer Partnerships and Programs, Facebook APAC, dalam peresmian Lab Innovation Indonesia (LInov) di CoHive, Lantai 3, Plaza Asia - Sudirman, Jakarta (24/6/2019).
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah setahun membuka space komunitas RuKI (Ruang Komunal Indonesia), Facebook hari ini meluncurkan sebuah ruangan tambahan khusus untuk komunitas Information and Communication Technologies (ICT) bernama Lab Innovation Indonesia (LInov).

Facebook meluncurkan LInov dengan tujuan untuk menyediakan wadah untuk para developer, inovator, serta komunitas di bidang ICT untuk berkolaborasi, belajar, dan bertukar ide guna mengembangkan kemampuan mereka masing-masing.

"Kami menyediakan ruangan ini untuk mereka yang ingin belajar dan berbagi insights dan pengetahuan kepada sesama," ujar Virginia Yang, Director Developer Partnership and Programs Facebook Asia Pacific, kepada KompasTekno di Jakarta, Senin (24/6/2019).

Baca juga: Masih Sedikit Sarjana TI Indonesia yang Jadi "Programmer"

Yang juga menambahkan, LInov juga merupakan langkah Facebook mendukung komunitas-komunitas teknologi di Indonesia untuk terus berkembang.

Sebagai wadah untuk para pegiat teknologi, LInov tidak hanya menyediakan tempat saja.

LInov juga menggelar sejumlah program pelatihan, workshop, serta seminar untuk turut berkontribusi memperkuat ekosistem industri teknologi di Indonesia.

Program-program yang digelar di LInov  bekerja sama dengan komunitas-komunitas developer di Indonesia, seperti Developer Circles, Hacktiv8, serta beberapa ahli di bidang teknologi.

Baca juga: Kisah Junia Firdaus, "Narik" Ojek Online Demi Jadi Programmer

Salah satu program yang ada di LInov adalah "Developer Circles Javascript Training Course and Bootcamp".

Di program hasil kerja sama dengan komunitas Hacktiv8 ini, para peserta akan diberikan pelatihan dasar pemrograman Javascript selama 4 minggu dan dilanjutkan dengan program intensif (bootcamp) selama 3 bulan.

Untuk benefit ruangan, Facebook menyediakan beberapa fasilitas bagi para komunitas ICT di ruangan LInov, mulai dari makanan dan minuman gratis, internet, kursi dan meja, hingga alat-alat fungsional seperti proyektor.

LInov sendiri berlokasi di Co-Hive, lantai 3 Plaza Asia di kawasan Sudirman dan sudah bisa dimanfaatkan oleh para komunitas ICT sejak 24 Mei silam, namun baru resmi diumumkan oleh Facebook hari ini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X