Telegram Bisa Tambah Teman di Lokasi yang Sama, Tanpa Nomor Ponsel

Kompas.com - 25/06/2019, 09:00 WIB
Ilustrasi aplikasi TelegramIst Ilustrasi aplikasi Telegram

KOMPAS.com - Telegram baru saja merilis pembaruan versi 5.8 dengan memuat sejumlah fitur baru. Pembaruan ini mulai tersedia di Android maupun iOS.

Fitur baru yang ditambahkan fokus untuk memudahkan penggunanya bertukar kontak berdasarkan lokasi, tanpa perlu meminta nomor ponsel.

Pertama, pengguna Telegram kini bisa menambahkan kontak dari sesama pengguna Telegram di sekitar mereka melalui fitur "Add People Nearby" (tambahkan orang terdekat).

Untuk menggunakannya, kedua pihak harus mengaktifkan mode ini agar terdeteksi satu sama lain. Kemudian buka kontak dan temukan kontak yang dimaksud. Jika telah ditemukan, klik nama profilnya, dan tambahkan ke kontak.

Baca juga: Layanan Sempat Tumbang, CEO Telegram Salahkan Pemerintah China

Masih memanfaatkan fitur "Add People Nearby", Telegram juga membuat fitur baru untuk memudahkan orang menemukan grup berdasarkan lokasi.

Cara kerjanya, ketika grup ini sudah dibuat, maka pengguna yang berada di sekitar area tersebut bisa langsung mencari grup tersebut dan langsung bergabung.

Sebagaimana menambahkan teman, grup lokal ini juga bisa dicari dengan membuka menu kontak, lalu klik "Add People Nearby" (cari teman terdekat) untuk menemukan grup lokal tersebut.

Fitur ini bermanfaat digunakan di area kerja atau kampus, tanpa repot-repot menambahkan kontak.

Menyimpan Kontak dari " Chat"

Fitur baru Telegram yang memudahkan pengguna menyimpan kontak dari pengirim pesan tanpa harus menyimpan nomor ponsel.Telegram Fitur baru Telegram yang memudahkan pengguna menyimpan kontak dari pengirim pesan tanpa harus menyimpan nomor ponsel.

Pengguna Telegram kini juga bisa lebih mudah menyimpan kontak ketika ada orang lain yang mengirim pesan. Saat ada pesan masuk dari pengguna lain yang kontaknya belum tersimpan, cukup klik "Add to Contacts" (tambahkan kontak) di bawah nama kontak pengirim.

Baca juga: Telegram Sudah Bisa Hapus Pesan Tanpa Batas Waktu, Begini Caranya

Dengan cara ini, pengguna tidak membutuhkan nomor ponsel lagi untuk menyimpan kontak.

Namun jika enggan menyimpan kontaknya dan tidak ingin menerima pesan dari pengguna tersebut, Telegram menyediakan opsi "Block User" yang ada di sebelah opsi "Add Contacts".

Serah Terima Jabatan Admin Grup

Fitur baru Telegram yang memungkinkan admin grup menyerahkan hak dan kontrolnya kepada admin baru yang telah ditunjuk.Telegram Fitur baru Telegram yang memungkinkan admin grup menyerahkan hak dan kontrolnya kepada admin baru yang telah ditunjuk.

Terakhir, Telegram juga memungkinkan para admin grup untuk menyerahkan "jabatannya" ke admin lain yang telah ditunjuk, dilansir KompasTekno dari blog resmi Telegram, Selasa (25/6/2019).

Hal ini agak berbeda dengan aplikasi pesaingnya, WhatsApp, di mana admin grup baru ditunjuk secara acak oleh sistem, mana kala admin pertama keluar dari grup.

Semua hak admin atau pemilik grup sebelumnya akan dipindah tangankan ke pemilik baru, yang juga menjadi anggota dari grup tersebut.

Admin baru memiliki kontrol baru, termasuk mendepak admin lama dari grup.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X