Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Bikin Tablet Dua Layar yang Menjalankan Aplikasi Android?

Kompas.com - 26/06/2019, 18:38 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Microsoft kabarnya sedang membikin tablet baru yang misterius. Perangkat yang mungkin akan mengusung merek Surface tersebut konon memiliki dua layar, masing-masing berukuran 9 inci (aspect ratio 4:3) dan bisa dilipat sehingga menjadi lebih ringkas.

Rumor ini berasal dari firma riset pasar IHS Markit yang mengaku mendapat bocoran dari sumber di industri.

Baca juga: Samsung Siapkan Tablet Baru dengan Snapdragon 710?

IHS menyebutkan sang tablet dua layarmemiliki kode nama "Centaurus" serta dibekali system-on-chip Intel Lakefield dengan fabrikasi 10nm  dan koneksi always on berbasis LTE atau 5G.

Bukan hanya hardware, aspek software tablet itu pun menarik karena diduga menjalankan Windows Core OS (WCOS), yakni versi Windows yang lebih ramping dan modern. Kalau benar, maka tablet "Centaurus" akan menjadi perangkat pertama yang menjalankan WCOS.

Sistem operasi WCOS sendiri kabarnya memang ditujuan sebagai perangkat dengan dua layar dan memiliki antarmuka dual display UI yang khusus dirancang untuk keperluan itu.

Baca juga: Google Tak Akan Bikin Tablet Lagi

Sistem operasi tersebut kabarnya akan turut bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android dan iOS, di samping aplikasi Universal Windows Platform, tapi masih belum jelas bagaimana mekanismenya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Forbes, Rabu (26/6/2019), tablet ini disinyalir akan meluncur di kuartal pertama atau paruh kedua 2020. Belum ada pernyataan resmi dari Microsoft menyangkut keberadaan "Centaurus".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com