Microsoft Bikin Tablet Dua Layar yang Menjalankan Aplikasi Android?

Kompas.com - 26/06/2019, 18:38 WIB
Surface Go MicrosoftSurface Go
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Microsoft kabarnya sedang membikin tablet baru yang misterius. Perangkat yang mungkin akan mengusung merek Surface tersebut konon memiliki dua layar, masing-masing berukuran 9 inci (aspect ratio 4:3) dan bisa dilipat sehingga menjadi lebih ringkas.

Rumor ini berasal dari firma riset pasar IHS Markit yang mengaku mendapat bocoran dari sumber di industri.

Baca juga: Samsung Siapkan Tablet Baru dengan Snapdragon 710?

IHS menyebutkan sang tablet dua layarmemiliki kode nama "Centaurus" serta dibekali system-on-chip Intel Lakefield dengan fabrikasi 10nm  dan koneksi always on berbasis LTE atau 5G.

Bukan hanya hardware, aspek software tablet itu pun menarik karena diduga menjalankan Windows Core OS (WCOS), yakni versi Windows yang lebih ramping dan modern. Kalau benar, maka tablet "Centaurus" akan menjadi perangkat pertama yang menjalankan WCOS.

Sistem operasi WCOS sendiri kabarnya memang ditujuan sebagai perangkat dengan dua layar dan memiliki antarmuka dual display UI yang khusus dirancang untuk keperluan itu.

Baca juga: Google Tak Akan Bikin Tablet Lagi

Sistem operasi tersebut kabarnya akan turut bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android dan iOS, di samping aplikasi Universal Windows Platform, tapi masih belum jelas bagaimana mekanismenya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Forbes, Rabu (26/6/2019), tablet ini disinyalir akan meluncur di kuartal pertama atau paruh kedua 2020. Belum ada pernyataan resmi dari Microsoft menyangkut keberadaan "Centaurus".

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Forbes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X