Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simpan "File Sensitif" di OneDrive Kini Lebih Aman

Kompas.com - 27/06/2019, 07:08 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Layanan cloud storage besutan Microsoft, OneDrive kini menyediakan area penyimpanan khusus untuk menyimpan "file sensitif" pengguna dengan aman, diberi nama Personal Vault.

Microsoft akan menggulirkan fitur Personal Vault ke versi web OneDrive di Windows 10, beserta versi aplikasinya di Andoid dan iOS.

Area penyimpanan tersebut dilindungi berbagai macam sekuriti untuk memastikan keamanannya, seperti nomor PIN, identifikasi wajah dan sidik jari, hingga otentikasi dua langkah (2FA).

Pengguna yang menyimpan file di area Personal Vault ini akan dimintai kode keamanan, setiap kali hendak mengaksesnya lewat web, PC, atau perangkat mobile.

Adapun "file sensitif" untuk dilindungi di Personal Vault misalnya berupa salinan paspor, kartu identitas, atau informasi finansial pribadi miilik pengguna.

Baca juga: Microsoft Larang Karyawannya Pakai Slack dan Google Docs

Mengenai penyimpanan lokal di PC Windows 10, Personal Vault menggunakan area di harddisk yang dienkripsi dengan BitLocker, untuk sinkronisasi file di dalamnya dengan cloud OneDrive.

Ilustrasi Personal Vault di OneDriveMicrosoft Ilustrasi Personal Vault di OneDrive
Enkripsi turut diterapkan untuk file Personal Vault di server Microsoft, juga saat transit dari dan ke perangkat pengguna, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (27/6/2019).

Apabila dibiarkan idle beberapa lama, Personal Vault di PC akan terkunci otomatis, sehingga kembali meminta kode sebelum bisa diakses lagi.

Semua jenis file sebenarnya bisa disimpan di Personal Vault. Tapi tentu akan merepotkan apabila pengguna harus memasukkan kode tiap kali akan mengakses file yang remeh temeh sekalipun.

Sebab itulah Personal Vault sebaiknya hanya dipakai untuk file sensitif.

Awalnya hanya ada tiga wilayah yang bakal kebagian, yakni Australia, Selandia Baru, dan Kanada.

Baca juga: Microsoft Pangkas Jatah Gratisan OneDrive

Semua wilayah pasar OneDrive akan menyusul dapat Personal Vault menjelang akhir tahun ini. OneDrive sendiri merupakan salah satu penyedia cloud storage pertama yang menambah fitur khusus macam Personal Vault.

Layanan lain seperti iCloud, Google Dirve, dan Dropbox belum menawarkan area penyimpanan serupa yang dilindungi keamanan otentikasi dua langkah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com