Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Pamer Ponsel Pertama dengan Kamera "Selfie" di Bawah Layar

Kompas.com - 27/06/2019, 10:13 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Beberapa tahun belakangan, para vendor smartphone masih berkutat mencari solusi bagaimana memperluas layar smartphone. Tapi di sisi lain, kamera depan masih menjadi keniscayaan.

Salah satu jalan keluarnya adalah memperkecil bingkai (bezel) dengan memunculkan beragam bentuk "notch" atau poni. Ada pula vendor yang memilih mekanise kamera naik-turun atau pop-up. Inovasi baru akhirnya dikeluarkan Oppo.

Vendor smartphone asal China itu memamerkan ponsel pertamanya yang megusung kamera depan yang tertanam di bawah permukaan layar.

Teknologi ini kurang lebih mirip dengan sensor pemindai sidik jari dalam layar, yang sudah mulai diaplikasikan ponsel flagship saat ini.

Baca juga: Xiaomi Ikut-ikutan Pamer Teknologi Kamera di Dalam Layar

Ponsel kamera depan di bawah permukaan layar atau diistilahkan Oppo sebagai "under screen camera (USC)" diumbar dalam acara Mobile World Conference 2019 Shanghai yang berlangsung pekan ini.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (27/6/2019), layar ponsel menggunakan bahan transparan yang telah dikustomisasi.

Bahan ini diklaim mampu bekerja dengan struktur piksel yang telah dirombak ulang. Perombakan ini memungkinkan cahaya masuk melalui kamera.

Oppo mengatakan, sensor kamera ini lebih besar dibanding kamera depan lainnya, karena memiliki bukaan lensa (aperture) yang lebih lebar. Area layar tempat "rumah" sensor kamera juga tetap bisa dioperasikan dengan sentuhan.

Oppo mengklaim, meski kamera terbenam di dalam layar, kualitas kamera akan tetap aman. Oppo mengakui posisi kamera seperti itu akan mengurangi kualitas gambar, seperti hasil foto berkabut, silau, dan pewarnaan yang kurang baik.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Ponsel Kamera Selfie Segitiga Oppo Reno

Untuk mengakalinya, Oppo menggunakan algoritma software sebagai penyokong hardware kamera.

Oppo sesumbar bahwa kualitas kamera yang terbenam di bawah layar ini tidak kalah saing dengan ponsel berkamera depan konvensional yang beredar di pasaran saat ini.

Teknologi ini dijanjikan akan hadir di lini ponsel Oppo dalam waktu dekat. Biasanya, Oppo memamerkan purwarupa ponsel dulu sebelum benar-benar dirilis ke pasaran, meski memakan waktu cukup lama.

Hal itu sempat terjadi pada teknologi periskop 10x zoom yang akhirnya "menetas" dalam wujud Oppo Reno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com