Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia 2 Batal Dapat Update Android 9 Pie

Kompas.com - 30/06/2019, 14:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Baru beberapa hari lalu, Nokia sesumbar bahwa 22 ponsel pintarnya telah mendapat pembaruan Android 9 Pie. Termasuk ponsel murahnya, Nokia 1 yang dirilis pada 2018 lalu. 

Tapi ternyata tidak semua ponsel Nokia mendapat pemutakhiran Android 9 Pie. HMD Global membatalkan update Android 9 Pie untuk ponsel Nokia 2. Salah satu admin komunitas Nokia memberikan klarifikasi.

"Dari uji coba internal kami, Nokia 2 tidak mampu memenuhi kepuasan pengguna dengan pembaruan sistem operasi. Alhasil, kami tidak akan memberikan Android 9 Pie (atau pembaruan berikutnya) untuk Nokia 2," tulisnya dalam forum komunitas Nokia.

Dirilis pada 2017 lalu, Nokia 2 debut dengan OS Android 7.1.1 Nougat. Tahun berikutnya, Nokia 2 mendapat update Android 8.1 Oreo, dan itulah versi sistem operasi terakhir yang akan didapatkan, dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Minggu (30/6/2019).

Baca juga: Huawei Berani Ditinggal Android, Bagaimana dengan Nokia?

Menurut penjelasan HMD, Android 9 Pie memerlukan spesifikasi ponsel yang tinggi agar kompatibel. Hal ini agak cukup aneh mengingat Nokia 1 yang notabene mengusung spesifikasi hampir sama, sudah mendapatkan pembaruan Android 9 Pie sebelumnya.

Klarifikasi HMD Global yang mengatakan Nokia 2 tidak akan mendapatkan pembaruan Android 9 Pie dan seterusnya.GSM Arena Klarifikasi HMD Global yang mengatakan Nokia 2 tidak akan mendapatkan pembaruan Android 9 Pie dan seterusnya.

Setelah klarifikasi ini, para pengguna Nokia menanggapinya dengan beragam. Ada beberapa yang menginginkan setidaknya mendapatkan Android 9 Pie versi Go, ada pula yang mengingkan adanya opsi degrade sistem operasi ke Nougat, karena merasa tidak puas dengan Android 8.1 Oreo.

Baca juga: Tiga Kelebihan Nokia 2 yang Dibanderol Rp 1,5 Juta

Beberapa juga meminta kompensasi, karena Nokia tidak menepati janjinya yang menjamin pembaruan Android selama dua tahun untuk Nokia 2.

Meski tidak akan mendapatkan update OS Android lagi, HMD Global kemungkinan masih menggulirkan update keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com