Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Browser "Firefox Preview" Janjikan Kecepatan Dua Kali Lebih Tinggi

Kompas.com - 01/07/2019, 09:37 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mozilla baru-baru ini merilis sebuah peramban Firefox versi baru untuk Android. Lantaran masih berupa versi pratinjau dan belum final, namanya untuk sementara ini adalah "Firefox Preview".

Kendati demikian, untuk para early adopter yang ingin menjajal, Firefox Preview sudah bisa diunduh dari toko aplikasi Google PlayStore lewat tautan berikut.

Firefox Preview dibekali sejumlah fitur baru, seperti engine  "GeckoView" yang diklaim meningkatkan kecepatan menjelajah internet hingga dua kali lebih kencang dibanding versi Firefox sebelumnya.

Baca juga: Browser Berbayar dari Firefox Dilengkapi VPN dan "Cloud Storage"

GeckoView merupakan engine peramban yang sebelumnya sudah diterapkan di browser desktop Firefox Quantum dan peramban mobile Firefox Focus yang otomatis memblokir iklan.

Selain itu, Firefox Preview juga memiliki fitur privasi bernama "Tracking Protection" yang tertanam langsung di dalam aplikasi.

Pengguna tidak perlu add-on atau aplikasi tambahan untuk melindungi diri mereka dari pelacakan situs-situs berbahaya serta iklan-iklan mengganggu yang sering muncul.

Ada pula fitur "Collections" yang berguna untuk menyimpan situs-situs favorit yang sering dikunjungi.

Desain aplikasi Firefox PReviewVentureBeat Desain aplikasi Firefox PReview

Tampilan desain Firefox Preview pun agak berbeda dibandingkan peramban Firefox sebelumnya.

Kotak alamat URL kini ditempatkan di bagian bawah tampilan browser. Peramban Firefox Browser dulu memiliki kotak alamat URL yang terletak di bagian atas.

Para early adopter Firefox Preview diharapkan memberi umpan balik untuk bantuk menyempurnakan peramban baru tersebut sebelum dirilis.

Baca juga: Mozilla Perkenalkan Logo Baru Firefox

Mozilla memperkirakan versi final dari Firefox Preview akan hadir menjelang akhir tahun ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari VentureBeat, Senin (1/7/2019). Ada kemungkinan fitur atau desain akhirnya nanti akan berbeda dari yang ditampilkan sekarang.

Pengguna Firefox Preview bisa mengirim feedback ke Mozilla lewat alamat email firefox-preview-feedback@mozilla.com atau memberikan laporan bug ke Github.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com