Kompas.com - 01/07/2019, 14:04 WIB
 Ilustrasi Fuchsia OS 9to5Google Ilustrasi Fuchsia OS
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Perlahan-lahan, sosok sistem operasi "Fuchsia" yang sempat disebut-sebut bakal menjadi penerus Android di masa mendatang makin jelas.

Google agaknya semakin mantap untuk mengembangkan sistem operasi (OS) Fuchsia. Kini raksasa mesin pencari itu membuka situs pengembangan Fuchsia OS bagi para developer ke publik.

Baca juga: OS Masa Depan "Fuchsia" dari Google Bisa Jalankan Aplikasi Android?

Situs ini, seperti nama akhirannya ".dev", memungkinkan para developer untuk mempelajari semua informasi tentang Fuchsia OS, mencakup detail informasi terkait pengembangan aplikasi hingga cara-cara untuk menjalankan serta menguji coba OS tersebut.

Karena  ditujukan bagi para pengembang, sebagian besar situs berisi sejumlah dokumentasi yang boleh dibilang sulit dimengerti bagi orang awam, kecuali halaman About yang akan muncul pertama kali saat situs itu dibuka.

Sistem operasi Fuchsia sendiri berbasis open-source. Selain menguji coba, para pengembang juga bisa memberikan umpan balik ke Google untuk berkontribusi dalam pengembangan Fuchsia OS, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidPolice, Senin (1/7/2019).

Baca juga: "Fuchsia" Bakal Menggantikan Android? Ini Jawaban Google

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika Anda tertarik untuk menelisik Fuchsia OS lebih lanjut, silakan kunjungi situsnya di tautan berikut.

Semenjak kemunculan pertamanya di repositori GitHub pada pertengahan 2016, Fuchsia bisa dibilang masih misterius. Sistem operasi ini dulu dikira sebagai calon penerus Android.

Namun, dalam konferensi Google I/O Mei lalu, Google mengungkap bahwa Fuchsia merupakan semacam eksperimen terkait pengembangan kemampuan sistem operasi yang hasilnya nanti bisa saja diterapkan di produk-produk lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.