Pelanggan Berbayar Apple Music Tembus 60 Juta

Kompas.com - 02/07/2019, 09:35 WIB
Ilustrasi Apple Music aradaphotography / Shutterstock.comIlustrasi Apple Music

KOMPAS.com - Pelanggan berbayar Apple Music diklaim sudah mencapai 60 juta pengguna. Laporan tersebut dibeberkan langsung oleh Eddy Cue, kepala iTunes Apple.

Jumlah ini naik 10 juta pengguna dibanding laporan pada awal April lalu. Sebenarnya tak sulit bagi Apple meraih angka ini. Sebab, Apple Music telah tertanam di setiap perangkat iOS.

Apabila pengguna ingin mengaksesnya, mereka harus berlangganan dulu untuk mengaktifkan Apple Music.

Baca juga: Merasa Dicurangi, Spotify Tuntut Apple

Bagi sebagian kalangan cara ini lebih mudah dibanding harus mengunduh aplikasi lain dari pihak ketiga, lalu membuat akun, baru kemudian berlangganan.

Ihwal jumlah pengguna, Apple Music masih kalah saing dari layanan serupa, Spotify, dengan selisih jumlah pelanggan berbayar yang jauh.

Bulan April lalu, Spotify mengklaim memiliki 100 juta pengguna premium (berbayar). Sementara, jumlah pelanggan berbayar Apple Music di saat yang sama hanya 50 juta, dihimpun KompasTekno dari UberGizmo, Selasa (2/7/2019).

Baca juga: Apple Resmi Pensiunkan iTunes

Spotify tercatat memiliki keseluruhan sebanyak sebesar 217 juta pengguna aktif bulanan pada April lalu. Pengguna Spotiy bisa banyak karena layanan musik alir asal Swedia ini memberikan opsi berlangganan secara gratisan alias disubsidi iklan,

Apple pun agaknya mulai memasang strategi baru. iTunes telah dipensiunkan dan aplikasi musik standalone baru telah disediakan.

Aplikasi Apple Music standalone.Apple Aplikasi Apple Music standalone.

Tidak hanya aplikasi musik, Apple TV, dan podcast juga akan memiliki aplikasinya sendiri. Perombakan ini sudah terlihat di pembaruan MacOS Catalina yang dirilis Apple 3 Juni lalu dalam ajang Worldwide Developers Conference 2019 (WWDC).

Baca juga: Apple Kenalkan MacOS Catalina, Ini Fitur-fiturnya

Dari beberapa pengguna yang telah mencoba dalam versi beta, tampilan aplikasi Apple Music tidak jauh berbeda dengan tampilan iTunes. Pengguna iTunes lama pun tidak akan kebingungan mengotak-atik aplikasi ini.

 



Sumber Uber Gizmo
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X