Google Siapkan "Fast Share" untuk Android Q, Mirip AirDrop di iOS

Kompas.com - 02/07/2019, 10:26 WIB
Google resmi memperkenalkan dua ponsel terbarunya yakni Pixel 3a (putih) dan Pixel 3a XL (hitam). Kedua ponsel ini merupakan versi murah dari Pixel 3 reguler. Yudha Pratomo/KompasTeknoGoogle resmi memperkenalkan dua ponsel terbarunya yakni Pixel 3a (putih) dan Pixel 3a XL (hitam). Kedua ponsel ini merupakan versi murah dari Pixel 3 reguler.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Fitur berbagi file, musik, dan video di sistem operasi Android via konektivitas Near-Field Communication (NFC) telah disematkan di dalam sistem operasi (OS) ponsel Android sejak versi 4.0 (Ice Cream Sandwich).

Bahkan fitur yang bernama Android Beam tersebut masih ada hingga sekarang di OS Android 9.0 Pie, meski relatif kurang populer di kalangan pengguna Android. Pemakaiannya repot karena dua perangkat yang berkirim file harus saling menempel atau berdekatan. 

Kini muncul kabar bahwa Android Beam akan ditiadakan di sistem operasi Android Q mendatang. Sebagai penggantinya, Google menyiapkan fitur baru bernama " Fast Share" yang lebih praktis dan berjangkauan jauh.

Baca juga: Daftar Smartphone yang Akan Kebagian Android Q Tahun Ini

Alih-alih NFC yang terbatas jarak, Fast Share disebut mengandalkan konektivitas WiFi dan Bluetooth untuk terkoneksi secara nirkabel, juga GPS untuk mencari perangkat lain di sekitar.

Bisa dibilang kemampuan Fast Share mirip dengan AirDrop yang selama ini dipakai pengguna gadget iOS. Sama dengan Android Beam dan AirDrop, Fast Share memungkinkan pengguna berbagi file dokumen, musik, video, URL, dan teks.

Ilustrasi Fast Share9to5Google Ilustrasi Fast Share

Cara menggunakan Fast Share di Android Q dibeberkan oleh 9to5 Google. Fitur ini bisa diakses dari menu "Share" setelah pengguna memilih file, foto, atau video, sebagaimana dihimpun oleh KompasTekno, Selasa (2/7/2019).

Kemudian, dari menu "Share", pilih opsi "Fast Share". Di sini, pengguna bisa menamai perangkat mereka sekaligus mencari perangkat lain yang memiliki fitur Fast Share.

Baca juga: Android Q Sudah Bisa Dijajal, Ini Link Downloadnya

Kemudian, mereka bisa memilih perangkat yang berada di dalam jangkauan untuk mengirim file yang awalnya dipilih.

Pengguna perangkat tujuan lantas bisa memilih opsi "Accept" untuk menerima file tersebut atau "Decline" untuk menolak pengiriman file, mirip seperti mekanisme berbagi file via Bluetooth. Kedua pilihan tersebut akan muncul sebagai notifikasi di perangakt tujuan.

Untuk saat ini, fitur Fast Share disebutkan baru tersedia untuk smartphone seri Pixel terkini seperti Pixel 3XL yang sudah menjalankan OS Android Q

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber 9to5Google
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X