Apple Bikin iPhone Khusus untuk Pasar China?

Kompas.com - 02/07/2019, 18:24 WIB
Poster iPhone 6s versi India 9to5MacPoster iPhone 6s versi India

KOMPAS.com - Harga yang relatif mahal, ditambah tekanan perang dagang AS-China, membuat penjualan iPhone lesu di Negeri Tirai Bambu.

Apple pun dikabarkan sedang menyusun strategi baru, yakni membuat iPhone khusus untuk pasar China. Salah satu keunggulannya adalah harga yang jauh lebih murah ketimbang iPhone komersil pada umumnya.

Dengan begitu, masyarakat China kembali tertarik dengan iPhone dan beralih daru produk lokal semacam Huawei, Vivo, dan Oppo.

Baca juga: Perakitan Apple Mac Pro Dilaporkan Akan Pindah dari AS ke China

Dari segi fitur, iPhone versi China dilaporkan tak bakal selengkap iPhone versi umum. Fitur-fitur yang "disunat" merupakan fitur yang dianggap tidak begitu dibutuhkan konsumen China, salah satunya biometrik Face ID.

Dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (2/7/2019), para pengguna smartphone di China dikatakan tak begitu memanfaatkan fitur serupa "Face Unlock".  Kemungkinan fitur biometrik yang tertanam pada iPhone versi China adalah Touch ID atau pemindai sidik jari.

Baca juga: Apple Dikabarkan Berencana Pindahkan Sebagian Produksi ke Luar China

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Informasi ini baru berupa rumor yang santer beredar di lingkaran industri China. Hingga kini belum ada pernyataan resmi dari Apple, sehingga belum bisa dipastikan apakah iPhone versi China benar-benar bakal terealisasi. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmochina

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.