Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Buka Toko Aplikasi untuk Asisten Digital Bixby

Kompas.com - 03/07/2019, 07:12 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com -Selama beberapa tahun terakhir, Samsung menyematkan software asisten digital Bixby di ponsel-ponsel Galaxy besutannya. Belakangan, raksasa Korea Selatan itu turut membuka toko aplikasi Bixby Marketplace untuk memperkaya fungsi sang asisten digital.

Bixby Marketplace agak berbeda dari toko aplikasi lain pada umumnya. Yang tersedia di sini bukan "aplikasi" yang bisa berjalan mandiri di ponsel, melainkan aneka fungsi dan layanan baru yang bisa ditambahkan ke Bixby.

Fungsi-fungsi dan layanan baru itu disebut sebagai "Bixby Capsule". Konsepnya mirip dengan "Skill" untuk software asisten digital Alexa bikinan Amazon.

Baca juga: Visi Ideal Samsung Soal Kecerdasan Buatan di Ponsel

Capsule bisa berisi kumpulan fitur seperti tool review restoran, layanan ride sharing, hingga mesin pencari podcast, yang dibuat oleh Samsung sendiri atau developer pihak ketiga. 

Lebih jauh, Samsung juga memungkinkan pengaturan capsule mana yang akan dipanggil dalam skenario tertentu, Misalnya, ketika memanggil kendaraan untuk pergi ke bandara, Bixby akan bertanya capsule ride sharing mana yang ingin digunakan.

Pengguna pun bisa mengatur capsule ride sharing tadi sebagai pilihan utama. "Setelahnya, permintaan ride sharing berikut secara otomatis akan dialihkan ke pilihan utama tadi, bahkan ketika pengguna tak menyebut nama capsule," jelas Samsung dalam keterangan tertulisnya.

Di Bixby Marketplace, Capsule dibagi-bagi menjadi sejumlah kategori menurut skenario penggunaan, di antaranya Produktivitas, Bisnis dan Keuangan, Olahraga, dan Belanja.

Pengguna bisa mengakses Bixby Marketplace melalui laman utama Bixby yang bisa diakses dengan menekan tombol Bixby. Kemudian, geser layar ke kiri untuk menuju marketplace.

Baca juga: Tombol Bixby di Galaxy S10 Bisa untuk Buka WhatsApp

Saat ini, Bixby Marketplace baru bisa digunakan di Amerika Serikat dan Korea Selatan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (3/7/2019).

Samsung menjanjikan tak akan menampilkan iklan berbasis visual. Namun, masih belum jelas apakah akan ada iklan audio, mengingat Bixby adalah asisten digital berbasis suara.

Melalui Bixby Marketplace, Samsung agaknya berharap akan lebih banyak developer yang bergabung dengan platform Bixby. Rencana lebih lanjut terkait Bixby akan diungkap pada agenda Samsung Developer Conference di San Jose, California 29-30 Oktober 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com