Samsung Buka Toko Aplikasi untuk Asisten Digital Bixby

Kompas.com - 03/07/2019, 07:12 WIB
Bixby Marketplace SamsungBixby Marketplace

KOMPAS.com -Selama beberapa tahun terakhir, Samsung menyematkan software asisten digital Bixby di ponsel-ponsel Galaxy besutannya. Belakangan, raksasa Korea Selatan itu turut membuka toko aplikasi Bixby Marketplace untuk memperkaya fungsi sang asisten digital.

Bixby Marketplace agak berbeda dari toko aplikasi lain pada umumnya. Yang tersedia di sini bukan "aplikasi" yang bisa berjalan mandiri di ponsel, melainkan aneka fungsi dan layanan baru yang bisa ditambahkan ke Bixby.

Fungsi-fungsi dan layanan baru itu disebut sebagai "Bixby Capsule". Konsepnya mirip dengan "Skill" untuk software asisten digital Alexa bikinan Amazon.

Baca juga: Visi Ideal Samsung Soal Kecerdasan Buatan di Ponsel

Capsule bisa berisi kumpulan fitur seperti tool review restoran, layanan ride sharing, hingga mesin pencari podcast, yang dibuat oleh Samsung sendiri atau developer pihak ketiga. 

Lebih jauh, Samsung juga memungkinkan pengaturan capsule mana yang akan dipanggil dalam skenario tertentu, Misalnya, ketika memanggil kendaraan untuk pergi ke bandara, Bixby akan bertanya capsule ride sharing mana yang ingin digunakan.

Pengguna pun bisa mengatur capsule ride sharing tadi sebagai pilihan utama. "Setelahnya, permintaan ride sharing berikut secara otomatis akan dialihkan ke pilihan utama tadi, bahkan ketika pengguna tak menyebut nama capsule," jelas Samsung dalam keterangan tertulisnya.

Di Bixby Marketplace, Capsule dibagi-bagi menjadi sejumlah kategori menurut skenario penggunaan, di antaranya Produktivitas, Bisnis dan Keuangan, Olahraga, dan Belanja.

Pengguna bisa mengakses Bixby Marketplace melalui laman utama Bixby yang bisa diakses dengan menekan tombol Bixby. Kemudian, geser layar ke kiri untuk menuju marketplace.

Baca juga: Tombol Bixby di Galaxy S10 Bisa untuk Buka WhatsApp

Saat ini, Bixby Marketplace baru bisa digunakan di Amerika Serikat dan Korea Selatan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (3/7/2019).

Samsung menjanjikan tak akan menampilkan iklan berbasis visual. Namun, masih belum jelas apakah akan ada iklan audio, mengingat Bixby adalah asisten digital berbasis suara.

Melalui Bixby Marketplace, Samsung agaknya berharap akan lebih banyak developer yang bergabung dengan platform Bixby. Rencana lebih lanjut terkait Bixby akan diungkap pada agenda Samsung Developer Conference di San Jose, California 29-30 Oktober 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X