Indonesia Kerja Sama dengan Arab Saudi untuk Perkuat Ekonomi Digital

Kompas.com - 03/07/2019, 12:27 WIB
Ilustrasi StartupSHUTTERSTOCK Ilustrasi Startup

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara hari ini, Rabu (3/7/2019) bertolak ke Riyadh, Arab Saudi, dalam rangka penandatanganan MoU untuk kerja sama memperkuat ekonomi digital kedua negara.

Kerja sama tersebut diharapkan akan mendorong investasi Arab Saudi di sektor digital dan pengembangan unicorn baru di Indonesia.

" Kominfo akan menggandeng sebanyak mungkin wirausahawan muda, pelaku industri startup dan UKM terpilih untuk berpartisipasi dalam kerja sama selama 5 tahun ke depan," kata Rudiantara dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Baca juga: Asal Usul Kata Unicorn di Industri "Startup", Mengapa Bisa Dipakai?

Pengalaman Indonesia dalam melahirkan empat startup unicorn disebut menarik perhatian Arab Saudi.

Sebab itulah, dua unicron asal Indonesia, yakni Traveloka dan Tokopedia, turut diundang secara khusus ke Arab Saudi bersama Rudiantara untuk berbagi pengalaman kepada pemerintah setempat.

Menteri Kominfo Rudiantara bersama Menteri Komunikasi dan TIK Kerajaan Arab Saudi, Abdullah Alswaha usai pertemuan bilateral dalam Forum Menteri Perdagangan dan Ekonomi Digital Negara G20 di Tsukuba, Jepang, Jumat (7/6/2019). Kementerian Komunikasi dan Informatika Menteri Kominfo Rudiantara bersama Menteri Komunikasi dan TIK Kerajaan Arab Saudi, Abdullah Alswaha usai pertemuan bilateral dalam Forum Menteri Perdagangan dan Ekonomi Digital Negara G20 di Tsukuba, Jepang, Jumat (7/6/2019).

Bagi Indonesia, kolaborasi ini bakal menodorong visi Indonesia sebagai Energi Digital Asia tahun depan. Arab Saudi akan mendapatkan dukungan dari Indonesia untuk mencapai visi pengembangan sektor non-minyak tahun 2030.

Kedua negara juga akan bertukar informasi dan pengalaman terkait ekonomi digital, berbagi pengalaman, pengetahuan ahli, serta penetrasi produk dan teknologi digital Indonesia ke Arab Saudi.

Baca juga: Kominfo Dirikan Yayasan NextIcorn untuk Percepat "Unicorn" Indonesia

Selain MoU, sejumlah pertemuan juga dilakukan untuk membahas rencana lain dari kolaborasi digital ini. Di antaranya adalah Umrah Digital Enterprise, pengembangan 1.000 inovasi Digital, dan pembentukan Satgas Digital.

Dalam waktu dekat Kominfo akan mengajak NextICorn (Next Indonesian Unicorn) untuk melakukan roadshow ke Arab Saudi. Startup yang dipilih adalah mereka yang paling berpotensi mendapatkan investasi.

Selama di Riyadh, Rudiantara dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke The King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST) dan MiSK Foundation.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X