Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emoji Dua Telapak Tangan Menempel, Berdoa atau "Tos High Five"?

Kompas.com - 03/07/2019, 15:18 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan ini, dunia maya tengah dihebohkan dengan perdebatan satu buah emoji, yaitu emoji dengan bentuk dua telapak tangan yang menempel.

Ada beberapa warganet menganggap bahwa selama ini mereka salah kaprah ternyata emoji tersebut adalah emoji untuk mengekspresikan dua orang sedang melakukan selebrasi atau high-five yang orang Indonesia biasa menyebutnya "tos".

Namun, di satu sisi, warganet lain tetap dengan pendirian mereka, bahwa emoji tersebut memang untuk mengekspresikan permohonan maaf atau gestur tangan saat berdoa.

Lantas, mana yang benar?

Jika dilihat dengan teliti, ketika dua orang melakukan "tos" dengan tangan yang sama (tangan kanan dengan tangan kanan), maka jempol mereka akan berada di sisi yang tidak sejajar. Sementara di emoji tersebut, jempol tampak menempel sejajar.

Baca juga: Instagram Sediakan Tombol Cepat Emoji untuk Komentar Stories

Lebih lanjut, berdasarkan penjelasan yang tercantum di situs database emoji, Emojipedia, gambar dua telapak tangan yang menempel ini secara umum memiliki arti "please" atau "thank you".

Ilustrasi emoji yang menggambarkan orang sedang berdoaEmojipedia Ilustrasi emoji yang menggambarkan orang sedang berdoa

Emojipedia juga menambahkan bahwa emoji ini biasanya digunakan untuk ekspresi berdoa.

Hal ini juga bisa diketahui dari representasi emoji yang didesain oleh beberapa vendor smartphone yang telah disetujui pula oleh Unicode.

Sebagian besar perusahaan smartphone tampak merepresentasikan emoji tersebut dengan orang yang sedang berdoa.

HTC dan Docomo misalnya, mendesain emoji dua telapak tangan menempel tersebut, lengkap dengan orangnya yang tampak jelas sedang memanjatkan doa.

Ditambah lagi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Emojipedia, Rabu (3/7/2019), emoji ini terdaftar dengan nama resmi Unicode "Person With Folded Hands".

Dengan kata lain, seperti nama kode tersebut, emoji ini memiliki arti bahwa hanya ada satu orang (person) yang sedang menempelkan tangannya, bukan dua orang (people) yang sedang "tos". 

Bisa dipakai untuk high-five

Kendati demikian, Emojipedia juga mencantumkan bahwa emoji ini bisa digunakan sebagai ekspresi high-five atau "tos". Hanya saja, ekspresi high-five ini memang kurang umum digunakan oleh pengguna.

Baca juga: 17 Juli Jadi Hari Emoji Sedunia, Bagaimana Sejarahnya?

Beberapa keyboard, jejaring sosial, atau pesan instan seperti WhatsApp, pun bakal menampilkan emoji ini ketika para pengguna mengetik keyword "high five", "thank you", "please" hingga "pray".

Ilustrasi hasil pencarian emoji berdasarkan kata kunciKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi hasil pencarian emoji berdasarkan kata kunci

Sehingga bisa disimpulkan, makna emoji sebenarnya tergantung dari konteks yang dipakai dalam percakapan saat itu, dan kebutuhan pengguna yang memakainya.

Untuk mengetahui daftar pemaparan emoji ini lebih lengkap, pengguna bisa mengunjungi tautan tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com