Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook, WhatsApp, dan Instagram Sudah Kembali Normal

Kompas.com - 04/07/2019, 09:06 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sempat tumbang selama berjam-jam mulai Rabu malam kemaren hingga dini hari tadi, pagi ini, Kamis (4/7/2019) layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp dinyatakan sudah kembali normal sepenuhnya.

Hal tersebut diutarakan oleh pihak Facebook melalui akun resmi di Twitter.

Baca juga: Layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down Malam Ini

"Hari ini, beberapa orang dan pebisnis mengalami masalah dalam mengunggah atau mengirim gambar, video, dan file lain di aplikasi dan platform kami. Masalah tersebut telah terselesaikan dan kembali lagi 100 persen untuk semua orang," tulis Facebook.

Pemberitahuan yang sama juga diunggah oleh akun resmi Instagram di Twitter dengan keterangan yang lebih singkat.

"Kami kembali! Masalah telah terselesaikan dan kembali normal 100 persen untuk semua. Kami mohon maaf atas ketidaknyamananya," tulis Instagram.

Dari pantauan KompasTekno pagi ini, layanan Facebook, Instagram, maupun WhatsApp memang sudah berfungsi normal seperti sediakala.

Pada Rabu (3/7/2019) malam waktu Indonesia, semua layanan di bawah naungan Facebook Inc., yakni Facebook, Instagram, dan WhatsApp dilaporkan bermasalah.

Banyak pengguna yang mengeluh tidak bisa menunduh dan mengunggah file media seperti foto atau video. Ada pula yang tidak bisa menerima dan mengirim pesan.

Pengguna Instagram mengaku gagal memuat Stories sementara pengguna Facebook kesuliltan mengalami log-in, serta tidak bisa memuat Facebook Stories serta foto.


Dari situs developer Facebook, tim Facebook mengklaim adanya masalah pada platform API.

"Saat ini kami sedang mengalami penurunan kinerja di seluruh endpoints API. Kami sedang memperbaikinya segera," tulis tim Facebook.

Jika ditelusuri, ini sudah kesekian kalinya layanan Facebook tumbang secara bersamaan.
Perstiwa serupa setidaknya sudah terjadi empat kali pada 2019.

Dalam kejadian terkini, situs DownDetector.com menunjukkan Facebook, Instagram, dan WhatApp mulai bermasalah sekitar 21.00 WIB kemarin malam.

Baca juga: WhatsApp dan Instagram Tumbang, Facebook Minta Maaf di Twitter

Sebagian besar gangguan terkonsentrasi di benua Eropa dan Amerika, tapi juga banyak dialami oleh para pengguna ketiga layanan di Indonesia.

Gangguan berlangsung selama beberapa jam hingga dini hari tadi, sebelum akhirnya dinyatakan sudah berhasil diatasi  oleh Facebook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com