Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Perkenalkan Windows 1.0, Serius atau Bercanda?

Kompas.com - 05/07/2019, 07:10 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Semua versi sistem operasi Windows yang ada hingga saat ini berakar dari Windows 1.0 yang dirilis puluhan tahun lalu pada 1985.

Belakangan, lewat akun Twitter @windows, Microsoft "memperkenalkan" OS Windows versi pertama itu, dan mempromosikannya seolah barang baru.

"Perkenalkan, Windows 1.0 yang serba baru, disertai dengan MS-DOS Executive, Clock, dan masih banyak lagi," kata @windows  di sebuah caption unggahan Twitter pekan ini.

Baca juga: Pengguna Windows 7 Masih Ogah Pindah ke Windows 10

Bersama caption, @windows juga menyertakan sebuah video. Di video itu, tampak logo Windows ditampilkan secara urut, dari yang terbaru, Windows 10, hingga logo Windows 1.0.

Beberapa hari setelah twit itu diunggah, Microsoft kemudian mengatakan bahwa Windows 1.0 sudah bisa didapatkan oleh para pengguna yang berminat memilikinya.

"Jadilah bagian dari revolusi komputasi dan dapatkan OS Windows 1.0 Anda hari ini!," kicau @windows.

.

Meski begitu, belum jelas apakah Microsoft memang benar-benar bakal merilis Windows 1.0 sebagai "barang baru tapi lama" atau tidak.

Sebab, tidak ada keterangan tambahan yang menyertai rangkaian twit tersebut ataupun cara mendapatkan Windows 1.0. Setelah twit kedua yang diunggah pada 3 Juli itu pun tak ada kicauan berikutnya yang memberikan penjelasan.

Serius atau bercanda?

Tingkah Microsoft ini membuat bingung dan menimbulkan tanda tanya di kalangan para pengamat teknologi. Ada dugaan Microsoft benar-benar serius akan merilis ulang Windows 1.0, meski tak ada maksud atau manfaat yang jelas.

Jika benar dirilis, maka Microsoft disinyalir bakal membuat Windows 1.0 menjadi software open-source, seperti halnya MS-DOS dan aplikasi Calculator.

Baca juga: Jadwal "Update" Windows 10 Bakal Bisa Diatur oleh Pengguna?

Artinya, para developer lepas nantinya bisa memberi kontribusi untuk mengembangkan Windows 1.0 di kemudian hari.

Boleh jadi pula Microsoft sedang bercanda, membuat guyon yang terkait dengan era-80an. Mungkin untuk menanggapi serial TV Stranger Things besutan Netflix, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Jumat (5/7/2019).

Musim ketiga Stranger Things memang dirilis Netflix pada 4 Juli 2019. Serial TV beken itu dikenal dengan setting dan atmosfirnya yang serba 80an.

Mana yang benar? Hingga kini motif di balik tindakan Microsoft memperkenalkan  Windows 1.0 masih misterius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com