Samsung Dituntut karena Iklan Ponsel Galaxy di Pantai

Kompas.com - 05/07/2019, 14:06 WIB
Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge dilengkapi kemampuan anti air dengan spesifikasi IP68Fatimah Kartini Bohang Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge dilengkapi kemampuan anti air dengan spesifikasi IP68

KOMPAS.com - Sebuah agensi watchdog di Australia menuntut Samsung karena iklan di pantai dan kolam renang. Menurut mereka, dengan memilih lokasi tersebut sebagai iklan, Samsung telah menyesatkan konsumen dalam mempromosikan fitur water-resistant atau tahan air.

Australian Competition and Consumer Commission (ACCC) mengatakan, sertifikat rating IP68 yang melekat di beberapa ponsel Samsung, hanya akan aman di air biasa, bukan cairan bersenyawa kimia kuat.

"ACCC menduga, iklan Samsung salah dan menyesatkan dengan mengatakan bahwa ponsel Galaxy bisa bertahan untuk penggunaan di dalam, atau terpapar, ke semua jenis air, termasuk air laut dan kolam renang, dan usia ponsel tidak akan berdampak oleh paparan air jenis tersebut" jelas ketua ACCC, Rod Sims.

Ada dua hal yang dipersoalkan ACCC. Pertama, iklan Samsung diindikasikan memasukkan ponsel ke air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit atau kurang, tidak akan menimbulkan dampak pada perangkat selama masa hidup ponsel.

Baca juga: Galaxy S10 Lebih Laku dari Galaxy S9, Versi Termahal Paling Laris

Kedua, iklan Samsung menggunakan lokasi pantai dan kolam renang, padahal IP68 hanya berlaku untk jenis air segar, bukan air asin seperti di laut.

Sertifikat Rating IP68

Samsung memang sudah menggunakan sertifikat IP68 untuk mendukung fitur tahan air di lini seri Galaxy sejak tahun 2016.

Fitur ini pertama kali hadir di Galaxy S7. Sejak saat itu, lini ponsel Galaxy yang berbekal sertifikat IP68 dipromosikan sebagai ponsel ramah air. Kabarnya, ACCC telah meninjau 300 iklan Samsung yang dianggap menyesatkan.

Mereka secara spesifik menargetkan iklan ponsel Galaxy keluaran tahun 2016 yang pertama kali menggunakan IP68. Rating IP68 yang disetujui oleh International Electrotechnical Commission memang hanya ditujukan pada air segar.

Itu artinya, tidak akan ada jaminan jika perangkat rusak karena dimasukan ke dalam air bersenyawa kimia lain, termasuk air laut. Secara teknik, IP68 disebut sebagai water-resistant (tahan-air) bukan waterproof (kedap air) dan akan tetap aman hingga kedalaman 1,5 meter selama maksimal 30 menit.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X