Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui WhatsApp, Instagram, Facebook, dan YouTube Sedang "Error"

Kompas.com - 07/07/2019, 19:19 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa hari yang lalu, layanan Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger tumbang secara bersamaan. Ini bukan kali pertama terjadi. Kira-kira, kejadian yang sama berulang empat kali dalam tahun ini.

Beberapa di antara kita pasti bereaksi berbeda jika mendapati baik layanan media sosial maupun streaming video sedang error. Ada yang panik, lalu buru-buru me-restart ponsel, karena menganggap ada masalah pada software perangkat atau koneksi jaringan.

Ada pula yang menuju mencari tahu lewat media sosial lain yang masih beroperasi normal.  Sebenarnya, ada cara untuk memastikan apakah Facebook dkk, YouTube, dan layanan internet lain sedang tumbang atau tidak.

Baca juga: Facebook, WhatsApp, dan Instagram Sudah 4 Kali Down Bersamaan di 2019

Berikut KompasTekno rangkum bagaimana cara memastikan apakah layanan media sosial benar-benar tumbang atau tidak, dilansir dari The Next Web, Minggu (7/7/2019).

Situs Developer

Tangkapan layar tampilan status API Facebook dan Messenger.developers.facebook.com Tangkapan layar tampilan status API Facebook dan Messenger.

Khusus untuk layanan Facebook dan Messenger, pengguna bisa langsung mengunjungi laman developer Facebook. Di laman ini, Anda bisa mengecek status platform apakah sedang terjadi gangguan ataukah API sedang berfungsi normal.

Jika status yang tertera menyebut Facebook sedang normal tapi Anda merasa ada gangguan saat membuka layanan, bisa jadi masalah memang ada di perangkat atau jaringan pengguna.

Selain Facebook, Twitter juga memiliki laman serupa, yakni Twitter API Status. Sama halnya dengan laman pengembangan milik Facebook, Twitter API Status juga menampilkan kinerja API.

Jika ada masalah, Twitter akan memberikan tanda segitiga merah atau silang merah di beberapa sektor tertentu, tergantung seberapa parah masalahnya. Saat API mengalami penurunan performa, Twitter akan membubuhkan warna kuning dengan strip putih.

Baca juga: Ini Penyebab Facebook, Instagram, dan WhatsApp Gangguan Berjam-jam

Tangkapan layar status API TwitterTwitter Status Tangkapan layar status API Twitter

Apabila sedang dalam perbaikan, maka akan muncul keterangan "maintenance" dengan ikon obeng. Tapi, apabila semua sistem API tercentang hijau namun Anda merasa ada masalah saat menggunakan Twitter, kemungkinan penyebabnya ada di perangkat atau jaringan.

Situs Navigasi Layanan Online

Tangkapan layar situs downdetector saat menampilkan masalah pada Instagram.Downdetector Tangkapan layar situs downdetector saat menampilkan masalah pada Instagram.

Kekurangan  dari laman pengembang layanan adalah kurang update dalam meberikan informasi. Terlebih tidak semua masalah mau mereka tampilkan perkembangannya.

Untungnya ada situs ketiga bernama Downdetector dan Outage Report. Kedua situs ini menampung berbagai macam laporan terkait performa layanan media sosial.

Hampir semua aplikasi populer tercakup di kedua situs ini. Melalui Downdetector, pengguna bisa melihat grafik dan peta pesebaran masalah secara live, termasuk kapan masalah tersebut dimulai.

Baca juga: DNS Mampet, Internet Sedunia Bisa Tumbang

Jika Anda mengalami masalah, Anda juga bisa langusung melapor ke Downdetector dengan mengklik "I have a problem with", kemudian pilih atau isi masalah yang Anda alami. Situs ini akan mengkurasi masalah-masalah apa yang sering dilaporkan pengguna, lengkap dengan persentasenya.

Tangkapan layar lama Outrage Report yang menampilkan grafik masalah yang terjadi pada layanan online.Outrage Report Tangkapan layar lama Outrage Report yang menampilkan grafik masalah yang terjadi pada layanan online.

Informasi yang kurang lebih sama juga ditampilkan Outrage Report. Di situs ini juga bisa melaporkan langsung masalah yang dialami pada layanan media sosial.

Baca juga: Internet Indonesia Terganggu pada Malam Jumat, Ini Penjelasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com