Kompas.com - 09/07/2019, 12:12 WIB

KOMPAS.com - Tak mau kalah dalam persaingan ponsel dengan kemampuan "zoom" gahar, Xiaomi baru-baru ini mematenkan desain kamera dengan lensa periskop bikinan pabrikannya.

Paten yang disertai desain kamera terbaru Xiaomi ini dirilis oleh kantor paten China (State Intellectual Property Office/SIPO) pada 2 Juli lalu.

Dalam dokumen paten tersebut, Xiaomi menyertakan kerangka kamera utama yang diletakkan sejajar horizontal dengan lensa kamera yang memiliki kemampuan optical zoom.

Ilustrasi desain lensa periskop milik XiaomiGSMArena Ilustrasi desain lensa periskop milik Xiaomi

Serupa dengan mekanisme zoom di ponsel kompetitor, lensa periskop Xiaomi, ketika di-zoom, tidak akan memanjang ke depan sebagaimana lensa yang ada di kamera pada umumnya.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo Reno di Indonesia

Sejatinya, lensa itu akan memanjang secara horizontal, yang artinya tak akan memakan ruang ponsel, dilengkapi dengan kaca untuk merefleksikan gambar dari lensa, layaknya sebuah periskop di kapal selam.

Teknologi kamera periskop yang dipatenkan Xiaomi ini disebut memiliki jangkauan fokal lensa yang kurang lebih sama dengan Huawei (Huawei P30 Pro) dan Oppo (Oppo Reno), dengan fokal lensa hingga 125 mm atau 135 mm.

Kendati begitu, belum diketahui bagaimana kemampuam zoom yang ditawarkan oleh lensa periskop milik Xiaomi ini.

Mekanisme zoom-nya pun belum jelas, apakah akan mengusung optical zoom secara penuh atau hybrid.

Baca juga: Kamera Huawei P30 Pro Dipreteli, Lensa Zoom Punya Bingkai Berbeda

Lensa periskop itu sendiri kabarnya bakal diimplementasikan pertama kali di perangkat Mi Mix 4, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Selasa (9/7/2019).

Meski begitu, karena masih berupa paten, belum bisa dipastikan apakah lensa periskop ini bakal diturunkan dalam sebuah produk atau tidak.

Terlebih, pihak Xiaomi belum membocorkan informasi mendetail terkait lensa itu maupun Mi Mix 4. Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.