Spotify Lite Resmi Meluncur di Indonesia, Lebih Hemat Data

Kompas.com - 10/07/2019, 09:29 WIB
Ilustrasi Spotify Christian Hartmann / ReutersIlustrasi Spotify

KOMPAS.com - Aplikasi musik alir (streaming) Spotify Lite akhirnya resmi diluncurkan. Sejatinya, Spotify Lite sudah bisa diunduh dalam versi beta sejak awal tahun ini. Namun baru sekarang Spotify meluncurkannya secara resmi di Play Store.

Layaknya aplikasi versi "lite" lainnya, Spotify Lite berukuran lebih ringan dibanding aplikasi regulernya. Ukuran aplikasi Spotify Lite diklaim hanya 10 MB, jauh lebih kecil dari versi reguler yang berukuran 28 MB.

Spotify Lite juga diklaim lebih hemat data dan ramah koneksi, terutama di daerah yang jaringannya belum stabil. Aplikasi ini bisa diunduh secara terpisah dari aplikasi Spotify reguler di ponsel Android versi 4.3 ke atas.

Namun di laman resmi Spotify tidak disebutkan apakah pengguna iOS sudah bisa mengunduhnya atau belum. Namun pastinya, sudah ada 36 negara yang bisa mengunduh Spotify Lite, termasuk pengguna di Indonesia.

Baca juga: Spotify Bikin Fitur Mirip Instagram Stories untuk Musisi

Negara lain yang kebagian lebih awal tersebar di wilayah Asia, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika. Beberapa di antaranya adalah Brasil, Kanada, Meksiko, Argentina, Peru, Arab Saudi, Mesir, Afrika Selatan, Maroko, Filipina, Malaysia, dan India.

Dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (10/7/2019), persebaran Spotify Lite akan diperluas lagi ke depannya. Spotify Lite bisa diunduh di Google Play Store atau melalui tautan berikut ini.

Beda fitur

Dikarenakan ukuran file lebih ringan dari versi reguler, ada beberapa fitur di Spotify reguler yang dipangkas. Namun ada juga fitur baru yang hanya bisa ditemukan di versi Lite. Misalnya fitur atur kuota data.

Opso untuk mengatur batas pemakaian kuota data maksimal dalam sebulan, di aplikasi Spotify Lite.Spotify Opso untuk mengatur batas pemakaian kuota data maksimal dalam sebulan, di aplikasi Spotify Lite.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengatur batas maksimum kuota yang digunakan untuk streaming setiap bulan. Ada 6 pilihan batas maksimal, mulai dari 250 MB, 500 MB, 750 MB, 1 GB, 2 GB, dan 3 GB.

Kemudian untuk fitur di versi reguler yang absen di Spotify Lite, salah satunya adalah "mode offline". Absennya fitur ini mengharuskan pengguna untuk selalu streaming saat memutar musik, tidak bisa lagi mengunduhnya saat online lalu diputar secara offline.

Fitur "Spotify Connect" juga ditanggalkan. Fungsi fitur ini adalah memungkinkan pengguna menyambungkan akses playback dari smartphone ke laptop atau speaker, sehingga lebih fleksibel.

Baca juga: Sudah Bisa Diunduh, Ini Bedanya Spotify Lite dengan Versi Standar

Kemudian, Spotify Lite hanya akan memunculkan kualitas standar, tidak ada fitur pengaturan kualitas audio dengan opsi "Low", "Medium", dan "High".

Terakhir, pengguna Spotify Lite hanya bisa memutar musik saja, tidak bisa memutar Podcast kesayangan yang telah diikuti di akun Spotify reguler karena tidak ada fitur Podcast.

Pemililk akun Spotify Premium tetap bisa menggunakan Spotify Lite. Hanya saja, keunggulannya hanya pada menghilangkan jeda iklan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X