Rawan Dipakai Menguping, "Walkie-Talkie" Apple Watch Dimatikan

Kompas.com - 13/07/2019, 07:53 WIB
Ilustrasi fitur Walkie-Talkie di Apple Watch.Apple Ilustrasi fitur Walkie-Talkie di Apple Watch.

KOMPAS.com - Arloji pintar Apple Watch memiliki aplikasi Walkie-Talkie, yang bisa dipakai untuk mengobrol antar sesama pengguna. Mekanismenya mirip radio genggam dua-arah yang juga dikenal dengan nama walkie-talkie.

Namun, belakangan diketahui bahwa aplikasi tersebut mengandung bug yang membuatnya bisa disalahgunakan oleh hacker untuk menguping pembicaraan di iPhone pengguna tanpa izin.

Apple diberitahu mengenai keberadaan bug terkait lewat portal laporan celah keamanan. Pabrikan berlambang buah apel tergigit itu pun buru-buru mematikan fungsi Walkie-Talkie di Watch.

Baca juga: Apple Watch Series 4 Resmi, Bisa Deteksi Ketika Pengguna Jatuh

“Kami harus mematikannya selagi mengupayakan perbaikan secepat mungkin. Mohon maaf pada pengguna atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” tulis Apple dalam sebuah pernyataan tertulis.

Ditambahkan bahwa Apple sejauh ini belum menemukan indikasi bahwa bug tersebut pernah benar-benar dipakai untuk menguping pembicaraan pengguna iPhone. Tapi, untuk berjaga-jaga, Apple segera bertindak dengan menon-aktifkan fitur terkait.

Aplikasi Walkie-Talkie sendiri akan tetap ada di perangkat Apple Watch pengguna, namun tidak bisa dipakai sampai Apple mengeluarkan perbaikan software.

Walkie-Talkie pertama kali diperkenalkan lewat pembaruan sistem operasi WatchOS 5 tahun lalu. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna Apple Watch untuk melakukan komunikasi suara ala push-to-talk dengan pengguna Watch lain.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Sabtu (13/7/2019), fitur Walkie-Talkie Apple Watch sebenarnya merupakan hasil modifikasi dari FaceTime Audio, yang kemudian dimigrasikan ke WatchOS 5.

Baca juga: Awas, Penelepon FaceTime di iPhone Bisa Dengar Suara Penerima Meski Belum Diangkat

Ini bukan kali pertama Apple kedapatan meloloskan bug di aplikasi terkait FaceTime. Beberapa waktu lalu sempat ditemukan sebuah bug di aplikasi FaceTime reguler, yang memungkinkan pemanggil mendengar suara penerima, meski telepon belum diangkat.  

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X