Mate 20 X, Ponsel 5G Pertama Huawei Meluncur 26 Juli?

Kompas.com - 13/07/2019, 18:05 WIB
Bagian punggung Huawei P30 Pro varian warna breathing crystal.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian punggung Huawei P30 Pro varian warna breathing crystal.

KOMPAS.com - Nasib Huawei dengan mitra bisnisnnya di AS memang masih terkatung-katung. Tapi hal itu tidak menyurutkan langkah vendor ponsel China itu untuk meluncurkan ponsel 5G pertamanya secara komersil.

Kabarnya, Huawei berencana meluncurkan ponsel 5G perdananya, yakni Mate 20 X pada 26 Juli mendatang. Salah seorang sumber dalam mengumbar informasi tersebut. Huawei Mate 20 X akan dirilis di markas besar Huawei di Shenzen, Provinsi Guangdong, China.

Dengan begitu, Huawei akan merapatkan barisan bersama vendor smartphone lain seperti Samsung, Xiaomi, dan Oppo yang lebih dulu meluncurkan ponsel 5G pertama masing-masing.

Peluncuran ponsel 5G Huawei baru dilakukan setelah pemerintah China memberikan lampu hijau pada perusahaan telekomunikasi BUMN setempat, untuk menggulirkan layanan 5G pada bulan lalu.

Baca juga: Keputusan Ponsel Huawei Boleh Pakai Android Masih Menggantung

"Peluncuran Huawei Mate 20 X akan mempercepat pertumbuhan pasar 5G di China, yang merupakan pasar smartphone terbesar," jelas James Yan, periset Counterpoint Beijing.

Hal itu disebut Yan akan mengarahkan konsumen teknologi 5G menjadi lebih besar, dan menopang lebih banyak peluang di sektor rantai pasokan dan aplikasi.

Huawei mengklaim, Mate 20X adalah smartphone pertama China yang mengantongi lisensi jaringan 5G. Itu artinya, pembeli akan bisa langsung merasakan betapa cepatnya konektivitas internet generasi kelima itu setelah membeli Mate 20X.

Dilansir KompasTekno dari Gadgets Now, Sabtu (13/7/2019), kecepatan koneksi 5G bisa 10 hingga 100 kali lebih cepat dibanding jaringan 4G LTE. Kota Beijing disebut telah membangun 4.300 menara BTS 5G di titik area urban dan bangunan ikonik di sana.

Spesifikasi Huawei Mate 20X

Soal spesifikasi, Mate 20X akan ditenagai chipset Kirin besutan Huawei sendiri. Dari rumor yang beredar, penampilan Mate 20X ini mirip dengan Mate 20, yakni dengan tiga kamera belakang yang tersusun persegi.

Baca juga: Meski Punya Pengganti, Huawei Ingin Tetap Setia Pada Android

Layarnya berbentang 7,2 inci dengan desain teardrop, alias notch yang membulat di sudut atas layar untuk menampung kamera depan.

Tiga kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 40 megapiksel, 8 megapiksel telefoto, dan 20 megapiksel ultra-wide. Sementara kamera depannya akan diisi oleh kamera tunggal beresolusi 24 megapiksel.

Ponsel ini akan dibekali baterai 4.200 mAh dengan colokan USB type-C. Belum diketahui apakah ponsel ini akan berjalan dengan OS Android atau HongmengOS buatan Huawei. Harganya juga belum terkuak hingga saat ini.

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X