Google Siapkan Shoelace, Media Sosial Baru Mirip Facebook Events

Kompas.com - 15/07/2019, 16:31 WIB
Logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat.Yudha Pratomo/KompasTekno Logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Setelah menonaktifkan Google+ pada April lalu, Google dikabarkan kembali merancang sebuah aplikasi jejaring sosial. Aplikasi bernama Shoelace ini punya fungsi mirip dengan Facebook Events.

Shoelace dibuat oleh Area 120, sebuah inkubator yang berada di bawah naungan Google. Uniknya, Shoelace memiliki ruang lingkup yang lebih kecil, karena aplikasi ini digunakan berbasis wilayah atau lokasi.

Melalui Shoelace, pengguna dapat mengatur serangkaian aktivitas dan mengorganisasi kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Fungsi ini disebut sebagai "Loops" dan serupa dengan Facebook Events.

Baca juga: Studi: Media Sosial Bikin Orang Indonesia Iri dan Frustrasi

Karena berbasis lokasi, pengguna Shoelace juga dapat melihat kegiatan apa saja yang tersedia yang ada di sekitarnya. Dengan demikian mereka dapat terhubung dengan pengguna lain berdasarkan minat yang sama, misalnya olahraga.

Dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Senin (15/7/2019), Shoelace mirip dengan Tinder, dan memang dibuat agar pengguna dapat menemukan kegiatan atau pengguna lain yang sesuai dengan minatnya.

Shoelace pun kabarnya kini tengah diuji coba di wilayah New York, Amerika Serikat.

Meski memiliki konsep sebagai media sosial Shoelace tidak dibuat untuk bersaing dengan Facebook atau sekadar menggantikan Google+. Shoelace adalah produk baru yang dapat digunakan pengguna untuk bersosialisasi.

Baca juga: Google Plus Tutup 2 April dan Diabadikan Internet Archive

Kendati demikian, belum diketahui apakah nantinya Shoelace juga akan hadir dalam versi web atau desktop. Aplikasi ini baru dipastikan akan tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

Google belum memberi komentar lebih lanjut terkait hal ini.

Google sendiri sebenarnya pernah memiliki aplikasi dengan konsep yang serupa, Schemer namanya. Schemer juga memanfaatkan lokasi pengguna untuk berinteraksi dan bertemu dengan pengguna lainnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X