Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru 10 Bulan, Aplikasi Google Blog Compass Sudah Ditutup

Kompas.com - 16/07/2019, 10:39 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Usia alat manajemen blog milik Google yang bernama Blog Compass ternyata tak lama. Aplikasi tersebut kini telah ditutup, hanya 10 bulan setelah meluncur.

Blog Compass sendiri adalah platform untuk memanajemen blog yang dapat digunakan dengan Wordpress dan Blogger. Compass dapat memberikan informasi topik populer dan melakukan analitik lainnya melalui dashboard pengguna.

Meski sudah ditutup, Blog Compass masih tersedia dan bisa diunduh melalui Google Play Store. Namun, begitu aplikasi dibuka, pengguna hanya akan menemukan pengumuman bernada perpisahan.

Baca juga: WordPress 5.0 Resmi Meluncur, Bawa Tampilan "Blocks" Serba Kotak

"Terima kasih untuk engagement dan umpan balik Anda. Setelah beberapa bulan, kami memutuskan untuk menutup aplikasi Blog Compass," tulis Google, disertai saran untuk memakai Blogger atau Site Kit bagi pengguna yang masih ingin mengelola blog.

Berdasarkan sejumlah ulasan dari para pengguna, Blog Compass diketahui sudah mulai bermasalah sejak Oktober lalu. Melalui kolom komentar di Google Play Store, pengguna mengeluh tak bisa login melalui akun Google.

Baca juga: Deretan Aplikasi dan Game Android Terbaik Pilihan Google 2019

Blog Compass sendiri tercatat sudah diunduh sebanyak 50 ribu kali. Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Selasa (16/7/2019), terakhir kali aplikasi ini mendapat ulasan dari pengguna adalah pada akhir bulan Juni lalu.

Google tak menjelaskan mengapa Blog Compass ditutup. Platform Blogger yang dimiliki Google pun sejak tahun 2016 lalu tidak pernah diperbarui hingga kini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com