Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Translate Image Kini Dukung Bahasa Jawa dan Sunda

Kompas.com - 16/07/2019, 11:17 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google kembali memperkaya kemampuan fitur Google Translate miliknya. Kini, pengguna bisa menerjemahkan bahasa Jawa dan Sunda secara instan cukup dengan mengarahkan kamera ke gambar berisi tulisan/teks.

Dukungan bahasa Jawa dan Sunda ini dirilis Google dengan sejumlah bahasa dari negara dan daerah lainnya. Dukungan ini hadir baik untuk perangkat dengan sistem operasi Android maupun iOS.

Untuk menggunakannya, pengguna cukup mengunduh aplikasi Google Translate yang tersedia di AppStore dan Google Play Store. Sementara bagi pengguna yang sudah memiliki aplikasi tersebut di perangkatnya, cukup melakukan pembaruan.

"Anda dapat menggunakan kamera ponsel untuk menerjemahkan teks di sekitar Anda dengan aplikasi Translate. Misalnya, Anda dapat menerjemahkan sebuah tanda atau catatan dengan tulisan tangan," ungkap pihak Google melalui halaman resminya.

Baca juga: Google Translate Terkini, Langsung dari Kamera dan Tak Perlu Internet

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Setelah mengunduh aplikasi Translate di AppStore atau Google Play Store, pengguna cukup menekan tombol "kamera" yang tersedia tepat pada bagian bawah kolom terjemahan.

Sebelum menekan tombol kamera, ada baiknya Anda memilih terlebih dahulu bahasa yang akan diterjemahkan. Ada pilihan "detect language" untuk mendeteksi bahasa secara otomatis maupun menentukan sendiri bahasa yang akan diterjemahkan.

Pilihan bahasa Jawa dan Sunda pun sudah dapat ditemukan pada menu ini. KompasTekno pun mencoba kedua bahasa tersebut.

Namun saat digunakan dalam beberapa kali percobaan, terjemahan yang muncul dari bahasa Sunda maupun Jawa masih belum akurat.

Baca juga: Cara Menghapus Riwayat Internet dan Lokasi di Google Secara Otomatis

Google mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi keakuratan terjemahan seperti ukuran teks atau kondisi cahaya saat kamera mengambil gambar.

"Untuk beberapa bahasa, Anda dapat menerjemahkan teks dengan mengarahkan lensa kamera ponsel Anda. Teks dengan ukuran kecil, kurangnya cahaya, atau teks dengan gaya tertentu dapat mengurangi keakuratan penerjemahan," tulis Google.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com