Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Milik Bocah 11 Tahun Terbakar Saat Dipakai Nonton YouTube

Kompas.com - 16/07/2019, 13:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kasus iPhone meledak kembali terjadi. Kali ini melibatkan sebuah iPhone 6 milik seorang bocah berumur 11 tahun, yang tinggal di California, Amerika Serikat (AS).

Menurut pengakuan Kayla Ramos, nama bocah tersebut, ia mendapati iPhone 6 miliknya mengeluarkan percikan api saat ia tengah menonton YouTube.

Lantaran panik, Kayla langsung melempar iPhone 6-nya ke atas selimut. Tak butuh lama, iPhone tersebut meledak dan terbakar, hingga kemudian menghanguskan selimut beserta kasurnya.

Meski begitu, belum diketahui apa sebenarnya penyebab iPhone 6 milik Kayla meledak.

Baca juga: Rawan Terbakar, Apple Tarik Peredaran MacBook Pro 2015

Kebanyakan kasus ponsel meledak disebabkan oleh komponen atau aksesori non-orisinal, seperti charger atau baterai, yang tidak cocok dengan perangkat yang diisi dayanya, sehingga menyebabkan overheat.

Ibu Kayla, Maria Adata pun mengaku sering mengisi daya ponsel tersebut, dan mengira hal tersebut sebagai penyebabnya.

"Saya tahu kami sering mengisi daya iPhone tersebut, mungkin itu penyebabnya, mungkin itu yang menyebabkan overheat," ujar Maria sebagaimana dikutip KompasTekno dari TheInquirer, Selasa (16/7/2019).

Namun, tidak ada informasi apakah kepala charger, baterai, atau kabel yang dipakai di iPhone milik Kayla itu orisinil atau tidak.

Terlepas dari itu, Maria telah menghubungi pihak Apple terkait insiden ini. Ia juga sudah mengirimkan foto-foto kejadian tersebut dan juga perangkat iPhone yang meledak itu ke pihak Apple.

Baca juga: 10 Tips untuk Mencegah Ponsel Terbakar dan Meledak

Sementara itu, Apple berencana untuk mengganti iPhone 6 milik Kayla dengan yang baru, setelah selesai menginvestigasi penyebab iPhone tersebut meledak.

Sebagai informasi, insiden seperti ini bukan yang pertama kali menimpa iPhone 6. Sebelumnya, seorang pengguna iPhone di China mengaku iPhone miliknya meledak dan membakar seluruh isi apartemen.

Meski belum dikonfirmasi, berdasarkan gambar yang dibagikan oleh sang pemilik iPhone, ponsel tersebut tampak menyerupai desain iPhone 6.

Baca juga: iPhone Meledak Hanguskan Seisi Apartemen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com