Wajah Pionir AI Alan Turing Akan Menghiasi Lembaran Uang di Inggris

Kompas.com - 17/07/2019, 11:02 WIB
Ilustrasi Alan Turing di mata uang Inggris pecahan 50 poundsterlingBBC Ilustrasi Alan Turing di mata uang Inggris pecahan 50 poundsterling

KOMPAS.com - Seorang ahli matematikawan, penggagas sistem komputer generasi pertama, dan pionir dalam bidang kecerdasan buatan ( AI), Alan Turing, bakal menjadi wajah uang kertas pecahan 50 poundsterling di Inggris.

Bank of England, pihak yang mengeluarkan sekaligus mencetak uang poundsterling, memilih Turing lantaran ia merupakan figur yang dinilai sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat masa kini.

"Alan Turing adalah matematikawan ulung yang karyanya memiliki kontribusi besar pada kehidupan kita saat ini," ujar juru bicara Bank of England.

"Sebagai bapak ilmu komputer dan kecerdasan buatan, serta pahlawan perang, kontribusi Alan Turing sangat besar dan inovatif," lanjutnya.

Baca juga: Tantangan Penerapan "Artificial Inteligence" di Indonesia

Kendati begitu, desain pecahan uang dengan foto wajah Turing sendiri tidak akan langsung dicetak dalam waktu dekat.

Sebab, masih banyak uang kertas pecahan 50 poundsterling dengan desain lama yang beredar di masyarakat. Jumlahnya mencapai 344 juta lembar.

Rencananya, wajah Turing akan mulai menghiasi uang pecahan 50 poundsterling baru pada akhir 2021 mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BBC, Rabu (17/7/2019).

Bersamaan dengan itu, uang pecahan 50 poundsterling dengan desain lama tidak akan bisa digunakan lagi untuk bertransaksi.

Pemecah kode rahasia

Alan Turing dikenal sebagai tokoh penting dalam Perang Dunia ke-2 lantaran ia berhasil memecahkan sistem kode rahasia pasukan Nazi Jerman, Enigma.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


EditorOik Yusuf
SumberBBC
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X