Samsung Pastikan Kamera "Pop-up Rotating" Galaxy A80 Tahan Lama

Kompas.com - 17/07/2019, 17:27 WIB
Kamera pop-up rotating Galaxy A80. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiKamera pop-up rotating Galaxy A80.

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung Galaxy A80 baru saja dirilis di pasar Indonesia. Ponsel ini mengusung konsep yang cukup baru untuk urusan kamera, yakni mekanisme pop-up rotate camera (naik-turun dan berputar).

Mekanisme ini memungkinkan kamera untuk naik ke atas (pop-up) lalu berputar, sehingga berfungsi untuk mengambil swafoto. Samsung mengklaim, kamera pop-up Galaxy A80 akan tetap aman digunakan meski pemakaian dalam jangka lama.

"Saat ini kami enggak bisa memberikan kuantitas berapa kali (putar), tapi kami akan memastikan (aman)," jelas Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Irfan Reynaldi.

Ia mengatakan, sebelum diproduksi secara massal, Samsung Galaxy A80 telah melewati proses pengawasan kualitas yang ketat di pabrik. Hal ini juga dilakukan untuk semua produk Samsung sebelum sampai ke tangan konsumen.

Baca juga: Samsung Galaxy A80 Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Semua aspek diuji coba, termasuk kamera dan ketahanan baterai.

"Di pabrik ada yang namanya quality control testing, ada engine test. Kami terus menguji coba smartphone dalam kondisi tertentu dalam waktu yang panjang, jelas Irfan.

Untuk meningkatkan perlindungan, ketiga kamera Galaxy A80 telah dilindungi oleh protective cover yang melindungi permukaan lensa. Soal garansi, Irfan mengatakan memang tidak ada garansi khusus untuk kamera unik Galaxy A80.

"Pasti kita kasih garansi seperti smartphone-smartphone Galaxy sebelumnya, tidak ada spesifik untuk kamera aja," tambahnya.

Cara kerja kamera putar

Kamera putar Samsung Galaxy A80 mengandalkan gear untuk mendorong kamera naik ke atas ketika aplikasi kamera depan dibuka. Saat kamera sudah ada di titik maksimal, kamera akan terkunci lebih dulu.


Hal ini bertujuan untuk mencegah benturan kamera saat berputar sebelum naik ke permukaan. Barulah saat sudah di permukaan, kamera akan berotasi dan akan terkunci lagi.

Baca juga: Ide Kamera Putar di Galaxy A80 Dimulai Sejak 2017

"Jadi memang ada locking mechanism agar ketika proses kamera naik, dia (kamera) tidak berputar lebih dulu," tutur Irfan menjelaskan bagaimana mekanisme kamera Galaxy A80.

Irfan juga memberikan solusi untuk masalah mirroring atau efek cermin yang membuat sisi gambar terbalik. Pengguna bisa mengatur agar foto selfie tetap normal seperti saat pratinjau.

Pengaturan bisa dilakukan dengan memilih "save option" di menu setting kamera lalu aktifkan opsi "pictures as previewed".

Solusi untuk masalah mirroring atau efek cermin yang membuat sisi gambar terbalik di kamera Samsung Galaxy A80.KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma Pertiwi Solusi untuk masalah mirroring atau efek cermin yang membuat sisi gambar terbalik di kamera Samsung Galaxy A80.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X