Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Samsung Ganti Jack Audio 3,5 mm dengan USB C di Galaxy A80

Kompas.com - 17/07/2019, 18:42 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung baru saja meluncurkan ponsel Galaxy A80 ke pasar Indonesia. Salah satu yang unik dari ponsel ini adalah kamera pop-up yang berputar, atau diistilahkan Samsung sebagai pop-up rotate camera.

Tapi bukan cuma itu fitur baru yang diusung. Galaxy A80 juga menjadi ponsel pertama Samsung yang tidak memiliki lubang jack audio 3,5 mm.

Alasanya, Samsung ingin mengikuti tren wireless yang mulai banyak diadopsi smartphone kelas atas. Samsung ingin menjajal tren fitur tersebut ke anak muda, yang menjadi target pasar Galaxy A80.

"Jadi memang salah satu tren ke depan wireless. Kita mulai menghilangkan audio jack," jelas Irfan Reynaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia.

Baca juga: Samsung Pastikan Kamera Pop-up Rotating Galaxy A80 Tahan Lama

Kendati demikian, Samsung tetap menyertakan earphone di dalam kotak kemasan Galaxy A80. Akan tetapi konektor yang digunakan adalah USB type C.

Konektor tersebut ditancapkan di port yang sama dengan USB C, untuk mengisi daya ponsel. Irfan menambahkan, adanya satu port saja yang tersedia untuk earphone sekaligus USB, seharusnya tidak menjadi masalah.

"Pengisi dayanya sudah cepat. Kira-kira membutuhkan waktu 1 jam 15 menit-an lah untuk full, karena setelah 80 persen ada pelambanan arus untuk menjaga chip," jelas Irfan.

Samsung Galaxy A80 memang dibekali fitur fast charging 25W untuk mengisi baterai berkapasitas 3.700 mAh.  Mungkin saja, Samsung sedang mencoba respons pasar dengan ponsel tanpa jack audio 3,5 mm.

Baca juga: Colokan USB Type-C Bakal Dibuat Lebih Aman dari Malware

Sebab, rumor yang beredar, flagship Galaxy Note 10 yang akan segera meluncur juga tidak akan dibekali port tersebut. Samsung Galaxy A80 dibanderol dengan harga Rp 9,5 jutaan di Indonesia. Ponsel ini sudah bisa dibeli mulai 18 Juli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com