Alasan Samsung Ganti Jack Audio 3,5 mm dengan USB C di Galaxy A80

Kompas.com - 17/07/2019, 18:42 WIB
Port USB C Samsung galaxy A80, menggantikan jack audio 3,5 mm. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiPort USB C Samsung galaxy A80, menggantikan jack audio 3,5 mm.

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung baru saja meluncurkan ponsel Galaxy A80 ke pasar Indonesia. Salah satu yang unik dari ponsel ini adalah kamera pop-up yang berputar, atau diistilahkan Samsung sebagai pop-up rotate camera.

Tapi bukan cuma itu fitur baru yang diusung. Galaxy A80 juga menjadi ponsel pertama Samsung yang tidak memiliki lubang jack audio 3,5 mm.

Alasanya, Samsung ingin mengikuti tren wireless yang mulai banyak diadopsi smartphone kelas atas. Samsung ingin menjajal tren fitur tersebut ke anak muda, yang menjadi target pasar Galaxy A80.

"Jadi memang salah satu tren ke depan wireless. Kita mulai menghilangkan audio jack," jelas Irfan Reynaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia.

Baca juga: Samsung Pastikan Kamera Pop-up Rotating Galaxy A80 Tahan Lama

Kendati demikian, Samsung tetap menyertakan earphone di dalam kotak kemasan Galaxy A80. Akan tetapi konektor yang digunakan adalah USB type C.

Konektor tersebut ditancapkan di port yang sama dengan USB C, untuk mengisi daya ponsel. Irfan menambahkan, adanya satu port saja yang tersedia untuk earphone sekaligus USB, seharusnya tidak menjadi masalah.

"Pengisi dayanya sudah cepat. Kira-kira membutuhkan waktu 1 jam 15 menit-an lah untuk full, karena setelah 80 persen ada pelambanan arus untuk menjaga chip," jelas Irfan.

Samsung Galaxy A80 memang dibekali fitur fast charging 25W untuk mengisi baterai berkapasitas 3.700 mAh.  Mungkin saja, Samsung sedang mencoba respons pasar dengan ponsel tanpa jack audio 3,5 mm.

Baca juga: Colokan USB Type-C Bakal Dibuat Lebih Aman dari Malware

Sebab, rumor yang beredar, flagship Galaxy Note 10 yang akan segera meluncur juga tidak akan dibekali port tersebut. Samsung Galaxy A80 dibanderol dengan harga Rp 9,5 jutaan di Indonesia. Ponsel ini sudah bisa dibeli mulai 18 Juli.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X