Realme Siapkan Ponsel 5G dengan Snapdragon 855 Plus?

Kompas.com - 18/07/2019, 09:28 WIB
Ilustrasi Realme X dalam dua varian warna, putih dan biru.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Realme X dalam dua varian warna, putih dan biru.

KOMPAS.com - Qualcomm baru saja mengumumkan chip terbaru khusus ponsel gaming yang bernama  Snapdragon 855 Plus. SoC ini merupakan versilebih kencang dari Snapdragon 855 sebelumnya.

Saat diluncurkan, baru tersebut satu nama vendor yang diketahui akan mengadopsi chip ini yakni Asus. Vendor Taiwan itu kabarnya akan menanamkan Snapdragon 855 Plus di ponsel gaming Asus ROG Phone 2 yang dijadwalkan meluncur pada 23 Juli mendatang. 

Baca juga: Asus ROG Phone 2 Bakal Jadi Ponsel Snapdragon 855 Plus Pertama

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Realme bakal menyusul Asus menanamkan chip tersebut di produknya. Indikasinya terlihat dari sebuah posting yang diunggah Realmedi media sosial China Weibo.

"Mobile platform paling canggih sekarang, peningkatan kinerja Snapdragon 855 Plus membawa pengalaman gaming ke level baru," tulis Realme.

Belum ada pernyataan resmi dari pihak Realme soal ini. Tapi jika dikaitkan, CEO Realme Mobile Madhev Sheth sempat berujar bulan April lalu bahwa perusahaanya ingin melebarkan sayap ke Eropa dan AS dengan memboyong ponsel 5G mereka.

Tangkapan layar situs Weibo Realme saat menyambut perilisan Snapdragon 855 Plus.GSM Arena Tangkapan layar situs Weibo Realme saat menyambut perilisan Snapdragon 855 Plus.

Boleh jadi ponsel 5G dimaksud akan ditenagai Snapdragon 855 Plus yang dipasangkan dengan model Snapdragon X50, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (17/7/2019).

Hal senada juga diungkapkan CEO Realme Global, Sky Li, yang mengatakan bahwa Realme akan merilis ponsel 5G saat jaringan internet generasi kelima itu sudah beroperasi di beberapa wilayah dunia. Tentu saja, semua kepastian harus menunggu kabar resmi dari Realme.

Mengenai Snapdragon 855 Plus, chip ini memiliki clockspeed maksimal untuk kedelapan inti CPU Kryo 485 yang ditingkatkan menjadi 2.96 GHz, dari sebelumnya 2,84 GHz di Sanpdragon 855.

Baca juga: Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 855 Plus untuk Ponsel Gaming

Kinerja pengolah grafis Adreno 640 juga ditingkatkan dan diklaim memberikan performa 15 persen lebih tinggi dibanding GPU yang sama di Snapdragon 855.

Spesifikasi ini diklaim Qualcomm bisa mendongkrak pengalaman gaming ponsel Android. Karena masih memakai modem LTE, Snapdragon 855 Plus harus dipadukan dengan modem tambahan Snapdragon X50 agar bisa terkoneksi dengan jaringan 5G.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X