MediaTek Siapkan "Chip Gaming" Helio G90

Kompas.com - 18/07/2019, 15:29 WIB
MediaTek Helio P90Gizmo China MediaTek Helio P90

KOMPAS.com - Tak mau kalah dari Qualcomm, MediaTek pun menyiapkan sebuah chipset khusus gaming bernama Helio G90. Chipset tersebut nantinya bakal menjadi pesaing Snapdragon 855 Plus yang diperkenalkan beberapa hari lalu.

Kabar tersebut diutarakan MediaTek melalui sebuah postingan di media sosial Weibo. Menurut MediaTek, SoC tersebut bakal diluncurkan pada akhir bulan Juli ini.

Kendati demikian, belum ada keterangan maupun rincian lebih lanjut mengenai chipset baru milik MediaTek tersebut. Spesifikasi chipset ini masih misterius, sehingga cukup sulit untuk dibayangkan seperti apa performa chip ini nantinya.

Dikutip KompasTekno dari Trusted Reviews, Kamis (18/7/2019), secara umum, chipset MediaTek sendiri lebih mudah ditemukan pada smartphone kelas low-end di pasar. Mayoritas smartphone tersebut dipasarkan di China dan India.

Baca juga: MediaTek Resmikan Chip Helio P65, Fokus Kamera dan Gaming

Namun ada pula ponsel berprosesor MediaTek yang dipasarkan di Eropa, seperti Redmi 6A misalnya. Ponsel ini menggunakan chipset MediaTek Helio A22 di balik dapur pacunya.

Rekam jejak ini menunjukkan bahwa MediaTek sebenarnya cukup siap untuk menantang Qualcomm, di mana chip Snapdragon-nya banyak ditemukan pada smartphone di seluruh segmen harga, termasuk kelas atas, semisal Google Pixel 3 dan OnePlus 7 Pro.

MediaTek sendiri memiliki tiga lini chipset dengan kemampuan yang berbeda beda. Chipset seri X dibuat dengan fabrikasi terkini, kemudian seri P untuk manajemen baterai perangkat yang lebih baik, dan seri A untuk ponsel kelas menengah ke bawah.

Artinya chipset Helio G90 akan menjadi seri SoC baru di luar ketiga seri di atas. Chipset ini diduga dikembangkan berdasarkan chip Helio P90.

Baca juga: Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 855 Plus untuk Ponsel Gaming

Helio P90 sendiri memiliki total delapan CPU, di mana ada dua inti (core) CPU Cortex-A75 yang berjalan di kecepatan 2,2 Ghz, dan enam CPU Cortex-A55 yang bekerja pada kecepatan 2,0 Ghz.

Kendati demikian, hal ini baru sebatas dugaan semata, MediaTek sendiri belum membeberkan spesifikasi dari chip tersebut.


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X