Bukan untuk Ponsel, OS Hongmeng untuk TV Huawei?

Kompas.com - 18/07/2019, 20:00 WIB
Ilustrasi Hongmeng OS GizmochinaIlustrasi Hongmeng OS

KOMPAS.com - Ada kabar terbaru dari sistem operasi (OS) besutan Huawei, Hongmeng. Bukan di smartphone, OS tersebut dilaporkan bakal meluncur secara perdana di perangkat Smart TV bikinan Huawei.

Berdasarkan sumber industri, Hongmeng OS, yang juga punya nama Ark OS dan Harmony OS untuk pasar di luar China, merupakan sebuah fitur eksklusif yang menjadi nilai jual TV pintar Huawei teranyar ini.

Selain OS buatan sendiri, TV tersebut juga disinyalir bakal dibekali dengan sejumlah fitur-fitur esensial untuk perangkat TV pintar, salah satunya adalah "Smart Screen".

Dengan fitur ini, pengguna TV pintar itu disebut-sebut bisa mengontrol seluruh perangkat smart home yang terpasang di dalam rumah pengguna.

Baca juga: OS Hongmeng Ternyata Bukan Pengganti Android di Ponsel Huawei

Kendati begitu, pihak Huawei tidak membeberkan spesifikasi secara merinci terkait OS yang dipakai di TV pintar yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini.

Menyoal peluncuran, pihak Huawei, melalui Presiden Honor, Zhao Ming, mengonfirmasi TV pintar bikinan perusahannya bakal dirilis sekitar awal Agustus mendatang.

Jika benar TV pintar ini menjalankan OS Hongmeng, maka OS bikinan Huawei ini akan pertama kali debut di dalam perangkat TV pintar, bukan di ponsel ataupun komputer, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Wccftech, Kamis (18/7/2019). 

Sebagai informasi, jika berbicara Hongmeng, OS ini sebenarnya sudah dalam pengembangan sejak tahun 2012 silam.

Baca juga: Huawei Patenkan OS Harmony Pengganti Android

Dari kala itu hingga sekarang, selain Hongmeng, Huawei telah mendaftarkan sejumlah nama OS baru untuk pasar di luar China, yaitu Ark OS dan Harmony OS.

Hongmeng OS sendiri disebut-sebut 60 persen lebih cepat dibandingkan OS "Robot Hijau". OS tersebut juga sudah diuji coba di kurang lebih 1 juta ponsel Huawei yang sebelumnya dikirim ke berbagai vendor rekanan Huawei.

Jika berbicara Hongmeng OS secara terpisah, pihak Huawei mengonfirmasi bahwa OS Hongmeng akan tersedia pada akhir tahun ini, atau paling lambat awal tahun depan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber WCCF Tech
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X