Samsung Umumkan RAM "Jumbo" untuk Ponsel 5G dan AI

Kompas.com - 20/07/2019, 13:55 WIB
Ilustrasi chip memori Samsung LPDDR5Samsung Ilustrasi chip memori Samsung LPDDR5

KOMPAS.com - Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung, mengumumkan bawha chip  RAM LPDDR5 dengan kapasitas 12 GB bikinannya telah siap untuk diproduksi secara massal menjelang akhir bulan ini.

RAM berkapasitas jumbo tersebut khusus dirancang untuk perangkat 5G dan fitur AI pada smartphone di masa mendatang yang memiliki kebutuhan memori tinggi.  

Menurut Samsung, RAM LPDDR5 12 GB ini memiliki kecepatan 1,3 kali lebih cepat ketimbang generasi pendahulunya. RAM ini dibangun dengan proses fabrikasi 10 nanometer, serupa dengan RAM LPDDR4X yang dirilis beberapa bulan lalu.

Baca juga: Dari Samsung Hingga Oppo, Ini Deretan Ponsel 5G yang Hadir di 2019

Komponen RAM jumbo ini akan berisi sebanyak delapan chip 12 GB yang memungkinkan perangkat untuk mentransfer data sebesar 44 GB atau sekitar 12 film FullHD dalam hitungan detik.

Selain itu RAM ini juga diklaim lebih irit daya sebesar 30 persen, sehingga ponsel akan memiliki baterai yang lebih awet.

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Sabtu (20/7/2019), dengan menggunakan RAM ini, Samsung mengatakan ponsel di generasi berikutnya akan memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan kemampuan 5G dan AI.

Misalnya, kemampuan machine-learning, merekam video dalam kualitas tinggi, hingga memperpanjang daya tahan baterai.

Baca juga: Samsung Perkenalkan Exynos iT100, Prosesor untuk Perangkat IoT

Kebanyakan smartphone yang dijual di pasaran saat ini masih menggunakan RAM dengan besaran satu digit seperti 4 GB atau 6 GB. Meski demikian, ada juga flagship yang menggunakan RAM lebih dari 8 GB.

Contohnya adalah Galaxy S10 di mana varian termahalnya mengusung RAM sebesar 12 GB. Dengan dimulainya produksi massal dari LPDDR5 12 GB ini, besar kemungkinan ponsel-ponsel flagship di masa mendatang akan mulai menggunakan RAM berkapasitas serupa. 

Kondisi bisnis memori Samsung sendiri dalam beberapa bulan terakhir mengalami penurunan harga dan angka penjualan.

Alhasil, meski baru beberapa bulan merilis RAM LPDDR4X, tidak heran jika Samsung berusaha mengembangkan teknologi agar kondisi penjualan kembali terdongkrak. Kabarnya Samsung juga berencana untuk mulai menggarap RAM LPDDR5 berkapasitas 16 GB di tahun depan.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X