Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xschool dari Telkomsel Kenalkan Absen Digital ke Sekolah-sekolah

Kompas.com - 21/07/2019, 20:35 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telkomsel berupaya mengembangkan ekosistem digital di sekolah-sekolah, melalui inisiasi Xschool. Sebagai langkah awal, Telkomsel mengenalkan absen digital di sejumlah sekolah di Ciayumajakuning, Jawa Barat.

Guru-guru di sekolah tak perlu mengabsen muridnya secara manual, melainkan menggunakan aplikasi LinkAja.

"Ada beberapa yang sudah jalan, sisanya masih proses approach (pendekatan)," kata Manager Corporate Communication Telkomsel Area Jabotabek-Jabar, Aldin Hasyim dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Minggu (21/7/2019).

Telkomsel area Jabotabek-Jabar mengklaim telah mengantongi izin dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan X (Cirebon-Kuningan) dan IX (Indramayu-Majalengka), karena inisiasi Xschool dimulai di tahun ajaran baru ini.

Baca juga: T-Cash Berubah Jadi LinkAja Mulai Hari Ini

Ke depannya, Xschool dikembangkan bukan hanya untuk absen digital saja, melainkan juga membentuk cashless society

LinkAja bakal bisa dijadikan sebagai sarana pembayaran SPP sekolah secara cashless, Infaq digital, hingga transaksi keuangan di kantin sekolah. Keuntungan ini bukan hanya untuk pelajar saja, melainkan juga guru hingga orang tua murid.

Untuk menyosialisasikan program ini, Telkomsel menyelenggarakan Telkomsel Xschool League 2019, yang merupakan ajang kompetisi di bidang olahraga, seni, pendidikan dan dunia digital bagi pelajar SMA di wiliyah Ciayumajakuning.

Baca juga: Unik, Menyumbang di Resepsi Pernikahan Pakai Uang Digital

Kompetisi Telkomsel XSchool ini sendiri terbagi menjadi beberapa kategori pertandingan , seperti pada bidang Sport (Futsal dan Basket), bidang edukasi (Rangking 1 Quiz&Trivia), bidang digital (Game Online PUBG&ML), dan bidang digital art competition (Telkomsel Got Talent,Video Short Movie&Photography contest).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com