Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Nokia Pakai Android di Ponsel Fitur

Ponsel Fitur Nokia 220 Bakal Dipasangi Android?

Kompas.com - 22/07/2019, 07:06 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nokia dikabarkan tengah menguji coba sistem operasi (OS) Android agar bisa berjalan di feature phone (ponsel berkemampuan dasar telepon dan SMS) bikinannya.

Hal itu diketahui dari penampakan sebuah ponsel feature yang menyeruak di dunia maya. Ponsel ini tampak memiliki tampilan home screen ala OS Android. Menurut sumber industri, ponsel ini disebut-sebut sebagi ponsel bikinan Nokia.

Jika dilihat dengan seksama, ponsel tersebut memang identik dengan Nokia 220 yang telah diluncurkan beberapa tahun silam.

Sama seperti Nokia 220, ponsel itu tampak berukuran mungil, memiliki layar kecil, dan dibekali dengan keyboard fisik T9. Perbedaan hanya terletak pada soft case yang menyelimuti ponsel fitur tersebut. Ada pula kamera selfie di bagian depan ponsel.

 

Ilustrasi ponsel fitur yang menjalankan sistem operasi Android (kiri) dan Nokia 220 (kanan)9to5Google Ilustrasi ponsel fitur yang menjalankan sistem operasi Android (kiri) dan Nokia 220 (kanan)

Terlepas dari perbedaan, jika dilihat layar ponsel tersebut dengan seksama, ada beberapa aplikasi yang sudah tidak asing lagi bagi pengguna, seperti YouTube dan Chrome.

Tampak juga tombol dengan ikon mikrofon seperti di Nokia 4.2, yang bisa digunakan untuk memanggil asisten digital Google Assistant.

Selain itu, tampilan status bar dan ikon-ikon di dalamnya, seperti indikator baterai, sinyal seluler, sinyal Wi-Fi, dan jam, juga terlihat mirip dengan dengan status bar OS Android yang ada di ponsel-ponsel pintar pada umumnya.

Lebih lanjut, ketika aplikasi YouTube dan Chrome dibuka, tampilannya juga identik dengan aplikasi YouTube dan Chrome di ponsel-ponsel Android pada umumnya.

Ilustrasi aplikasi YouTube dan Chrome di feature phonePhoneRadar Ilustrasi aplikasi YouTube dan Chrome di feature phone

Hanya saja, antarmuka kedua aplikasi tersebut tampak padat dengan elemen-elemen user interface aplikasi lantaran layarnya yang kecil. 

Baca juga: Nokia Akan Buka Experience Zone untuk Jajal Produk di Indonesia

Kendati begitu, belum diketahui apakah ini benar-benar ponsel Nokia atau bukan. Belum jelas pula model OS Android apa yang digunakan di ponsel tersebut, lantaran Nokia juga belum memberikan komentar resmi terkait kabar ini.

Ada kemungkinan OS tersebut merupakan OS Android Go yang dirancang khusus untuk ponsel-ponsel fitur, yang memang tidak mengusung fitur touchscreen, dan RAM yang kecil, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneRadar, Senin (22/7/2019).

Menarik untuk diikuti, jika Nokia benar-benar mewujudkan sebuah ponsel fitur yang bisa menjalankan sistem operasi Android, lantaran belum ada ponsel fitur yang demikian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com